Edukasi Anak Usia Dini: Pentingnya Belajar Pendidikan Agama Islam
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang dasar yang ditujukan untuk anak-anak usia lahir sampai usia enam tahun. Penanaman nilai-nilai agama sejak usia dini sangat penting untuk pembentukan individu yang berakhlak mulia. Anak-anak diajarkan agama Islam sejak kecil melalui pemahaman awal tentang bagaimana Allah menciptakan alam dan semua yang ada di dalamnya. PAUD akan memberikan persiapan anak menghadapi masa-masa ke depannya, yang paling dekat adalah menghadapi masa sekolah. Dengan peran orang tua dalam memberikan pendidikan yang mengandung nilai-nilai agama Islam, diharapkan anak-anak usia dini dapat beradaptasi dengan lingkungan luar karena mereka sudah memiliki sifat dan iman yang kuat untuk menjalani proses tumbuh kembang anak. Metode mekanisme kerja selama pelaksanaan program ini adalah tim terjun langsung ke lapangan untuk memeriksa situasi dan masalah di lingkungan Saung Jingga. Melalui pemaparan materi bagaimana pentingnya Pendidikan agama islam dalam tumbuh dan kembang anak usia dini bisa dilakukan dari hal terkecil mulaid ari doa dalam segala kegiatan anak, dengan orang tua yang memberikan contoh akan menjadikan kebiasaan baik yang dilakukan anak. Hasil pengabdiannya adalah pentingnya penanaman nilai - nilai agama sejak usia dini agar tercipta manusia yang berakhlak mulia.
References
Andika Aplianto, Institut Pesantren Kh et al., "Jurnal Pendidikan Islam" 1, no. 1 (2018): 139–158. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.47
Aidil Saputra, “Pendidikan Anak Pada Usia Dini,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 10, no. 2 (2018): 192–209, https://core.ac.uk/download/pdf/228822655.pdf.
Bina Fitriah Ardiansari and Dimyati Dimyati, “Identifikasi Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (2021): 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926
Erica, Denny. 2022. “Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam.” Perspektif Pendidikan dan Keguruan 12(2): 137–46.
Fauzi Fauzi, “Hakikat Pendidikan Bagi Anak Usia Dini,” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 15, no. 3 (2018): 386–402.
F. Ardhy, G. Adam, A. Setiawan, and A. Aisyah, “GAME EDUKASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID”, Jurnal Informasi dan Komputer, vol. 10, no. 1, pp. 208-213, Apr. 2022.
https://doi.org/10.35959/jik.v10i1.309
Guntoro Barovih Guntoro, “Pemanfaatan Aplikasi Sebagai Media Bantu Edukasi Agama Islam Untuk Anak Usia Dini,” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2020): 150–158. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3339.
Hanipah, Siti. 2016. “Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Paud Nurul Islam.” Nuansa IX(2): 123–33.
Hefniy Hefniy dan Siti Safiah, “Alat Permainan Edukasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pai Pada Anak Usia Dini,” MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management 2, no. 1 (2020): 109–122. https://doi.org/10.52627/managere.v2i1.63.
Herman Zaini and Kurnia Dewi, “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (2017): 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.
Khadijah, Khadijah. 2015. “Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Konsep Islam.” Raudhah 6(1): 1–26. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/281/278.
Mardan Umar, Feiby Ismail, and Nizma Syawie, “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini,” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 19, no. 1 (2021): 101–111.
Mastiyah, Iyoh. "Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Raudhatul Athfal Dian Al-mastiyah." Edukasi, vol. 12, no. 2, 30 Aug. 2014, doi:10.32729/edukasi.v12i2.87.
M. Ali, Mahdi. 2016. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Usia Dini.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 1(2): 190.
Momod Abdul Somad, “Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Anak,” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 13, no. 2 (2021): 171-186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882
M. Syahran Jailani, “Teori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini,” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2014): 245–260. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580
Neneng et al., “Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Almuhajirin Perum Baros Kencana Kota Sukabumi” 1, no. 3 (2023). https://doi.org/10.47861/khirani.v1i3.359
Siti Shofiyah et al., “Optimalisasi Desa Binaan Program Pendidikan Anak Usia Dini (Paud): Studi Pembelajaran Prodi Pai Di Pamulang (Saung Jingga),” Jurnal.Unimed.Ac.Id 29, no. 2 (2023): 240–248, https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/41795.
Syahid, Abd., and Kamaruddin Kamaruddin. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Islam Pada Anak.” AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam 5(01): 120–32.
Tiara Ashilah Sasqia et al., “FLASHCARD EDUKASI DASAR ISLAM : INOVASI DESAIN VISUAL AGAR BELAJAR LEBIH MENGASYIKAN UNTUK ANAK USIA DINI” 1, no. 2 (2022): 302–308.
Umroh, Ida Latifatul. 2019. “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secara Islami Di Era Milenial 4.0.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 2(2): 208–25.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================