Mendidik Kaum Madani (Kerjasama Pendidikan Al-Qur’an Anak-Anak Prasekolah di Saung Jingga di Bawah Binaan Majelis Pelayanan Sosial Muhammadiyah Tangerang Selatan

Muhammad Rizky Ramadhan, Ria Afriyani, Monica Indriya Pramesti, Mahmudin Sudin

Abstract


Kaum madani merupakan kaum yang sadar akan hak-hak warga masyarakat dan melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara, masyarakat yang terbuka, toleran, dan menghargai hak asasi manusia. Tuntutan perubahan menuju kaum madani di Saung Jingga Pamulang memerlukan berbagai perubahan pada seluruh aspek-aspek kehidupan yang ada di lingkungan masyarakat tersebut terutama perubahan dalam aspek Pendidikan. Perbaikan aspek Pendidikan di Saung Jingga sangat diperlukan. Pendidikan yang baik akan membuahkan perkembangan dan kemajuan bagi Saung Jingga karena dengan ketersediaan wadah untuk mencapai Pendidikan yang layak maka akan lebih mudah pula pengurus Saung Jingga untuk membentuk masyarakat setempat agar dapat menimba ilmu pengetahuan dan menjadikan sumber daya manusia yang ada di lingkungan tersebut agar menumbuhkan potensi sejak dini serta menciptakan lingkungan yang sejahtera dan terarah, dengan begitu maka dalam merealisasikan program kerja yaitu pembangunan PAUD dan TPQ Saung Jingga akan lebih mudah untuk dicapai. Pendidikan merupakan salah satu sarana terbaik dalam membentuk suatu generasi yang unggul akan pengetahuan maupun keterampilan. Pendidikan dituntut untuk berperan dalam membangun masyarakat. Selain Pendidikan,  hal lain yang tidak kalah penting ialah pelayanan sosial yang baik bagi masyarakat tanpa membeda-bedakan antar perorangan maupun kelompok. Hal tersebut dikatakan penting karena jika suatu lingkungan memiliki pelayanan sosial yang baik dan informatif  maka akan lebih mudah bagi pengurus tempat tersebut untuk mengarahkan masyarakat setempat agar dapat mengikuti hal yang berkaitan dengan pendidikan dan menyamaratakan hak serta keadilan bagi setiap warga yang bertempat tinggal di lingkungan tersebut. Oleh karena itu, konsep-konsep pendidikan Islam memiliki peran yang strategis dan fungsional dalam upaya membangun masyarakat madani di Indonesia.


Full Text:

PDF

References


Agus, Zulkifli, and Konsep Pendidikan Islam, ‘Konsep Pendidikan Islam Bagi Remaja’, Tarbiyah Islamiyah, 4.2541–3686 (2019), 11–24

Aprida, Siti Nurul, and Suyadi Suyadi, ‘Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6.4 (2022), 2462–71

Ismatul Izzah, ‘Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani’, Pedagogik : Jurnal Pendidikan, 5.1 (2018), 50–68

M. Ali, Mahdi. 2016. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Usia Dini.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 1(2): 190.

Nurhadi, Nurhadi, ‘Manajemen Pendidikan Islam Anak-Anak Pra Sekolah Berbasis Qur’ani’, Manazhim, 1.2 (2019), 12–25 https://doi.org/10.36088/manazhim.v1i2.203

Purba, Asnan, and Maturidi, ‘Mendidik Anak Dalam Mencintai Al- Qur’ an Mendidik Anak Dalam Mencintai Al- Qur’ an’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08.02 (2019), 350

Syahid, Abd., and Kamaruddin Kamaruddin. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Islam Pada Anak.” AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam 5(01): 120–32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ