EDUKASI PUBLIC SPEAKING DAN MELATIH RASA PERCAYA DIRI DI SEKOLAH DASAR SWASTA AISYIYAH, KOJA, JAKARTA UTARA TAHUN 2023

Dexto Satrio Utomo, Hanif Rama Yuda Setiawan, Muhammad Angga Dwiyasa, Nurannisa Sawitri, Taufiqurrohman Taufiqurrohman, Dihartawan Dihartawan

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu program yang harus ditempuh oleh mahasiswa di Perguruan Tinggi. Dewasa Kuliah Kerja Nyata, memiliki tujuan untuk ikut serta menyumbangkan pegetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dalam rangka menyukseskan pembangunan nasional melalui pemberdayaan masyarakat. Kami selaku mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta melakukan kegiatan pemaparan pembelajaran public speaking dan melatih rasa percaya diri pada siswa/i SDS Aisyiyah. Metode pelaksanaan pada kegiatan ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan sasaran siswa/i SDS Aisyiyah pada tanggal 10 Agustus 2023. Kegiatan di Kegiatan dimulai dengan membaca doa dan membaca beberapa surat di juz 30, dilanjutkan dengan memberikan materi edukasi tentang publik speaking dan melatih rasa percaya diri, edukasi peblik speaking berisi tentang pengenalan apa itu publik speaking? Kenapa publik speaking itu penting? Materi yang di sampaikan juga sangat ringan dan fun karena kita melihat audiens kita yang notabennya siswa/i sekolah dasar. Acara dilanjutkan dengan games dengan tujuan mencairkan suasana dan disaat sesi itu kita selipkan materi kita lewat pendekatan persuasif untuk secara tidak langsung melatih rasa percaya diri dari masing masing siswa/i. Disaat sesi games berjalan secara tidak langsung mereka di latih rasa pecaya diri yang bersedia maju kedepan siswa/i di beri reward oleh kelompok 2 dan acara diakhiri dengan doa bersama kegiatan ini mendapat respon baik dari para dewan guru dan juga orang tua para siswa/i di SDS Aisyiyah.


Full Text:

PDF

References


Wahyuni, S. (2017). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B RA An-Nida. Jurnal Raudhah, 5(2).

Fabiani, Raden Roro Michelle, and Hetty Krisnani. "Pentingnya peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri seorang anak dari usia dini." Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 7.1 (2020): 40.

Magdalena, Mariam. "Melatih kepercayaan diri siswa dalam menyatakan tanggapan dan saran sederhana melalui penguatan pujian pada pembelajaran bahasa indonesia." Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP) 1.2 (2018): 237-245.

Rahman, M. M. (2013). Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Wambrauw, F. X., Sonbait, A., & Mulyadi, S. (2020). Tujuan KKN: Menanamkan Nilai Kepribadian, Mengubah Cara Pandang, dan Pola Pikir Mahasiswa/i dan Masyarakat dalam Menyelesaikan Permasalahan yang Ada di Masyarakat, Membangkitkan Kesadaran dan Membangun Sikap Optimis, Meningkatkan Indonesia yang Berdaulat. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 16(2), 143-153.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ