EDUKASI PENTINGNYA PERAN ORANG TUA DALAM PENGAWASAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK DI RA AISYIYAH SAWAH BESAR JAKARTA PUSAT

Authors

  • Fenty Febriana Prodi Ilmu Kesehateraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Huzaifi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Cahya Wulan Suci Rahmadani Prodi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dava Rahmanda Praditya Prodi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Silvy Amanda Hidayat Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Fahmi Ashiddiqi Prodi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Syahla Shafa Oktavia Prodi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Riandra Rafif Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mutiara Nabila Prodi Ilmu Kesehateraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nabila Bilbina Idris Prodi Ilmu Kesehateraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Salsabila Zahra Prodi Ilmu Kesehateraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Akmal Abdullah Azzam Prodi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Raka Yudi Setra Prodi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Satriya Lesmana Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rio Cipto Ardiansyah Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Raihan Raihan Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nunung Cipta Dainy Prodi Gizi, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Orang tua memiliki peran dalam membatasi waktu layar, memilih konten yang sesuai, dan mendorong interaksi sosial di luar dunia digital. Orang tua juga berperan dalam membentuk kesadaran anak tentang penggunaan yang baik dan bertanggung jawab terhadap gadget. Pendekatan komunikatif, edukatif, dan pengawasan aktif terbukti mampu mengurangi risiko ketergantungan pada gadget dan dampak negatif yang mungkin telah timbul pada anak. Terdapat tantangan dalam peran orang tua, seperti kurangnya pemahaman gadget, perbedaan generasi, dan tekanan sosial terkait penerimaan gadget. Program edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan orang tua tentang cara mengawasi dan mengontrol penggunaan gadget anak. Metode edukasi dilakukan dengan cara presentasi materi tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget pada anak serta strategi yang efektif dalam pengelolaannya, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab dua arah antara orang tua dan narasumber. Lokasi kegiatan dilakukan di Madrasah RA Aisyiyah Sawah Besar Jakarta Pusat. Evaluasi program dilakukan dengan memberikan pertanyaan pre-test dan post-test kepada orang tua wali murid yang hadir. Peserta sebanyak 21 orang tua wali murid. Hasil pre-test sekitar 80% orang tua wali murid tidak menyetujui adanya pembatasan waktu bermain gadget terhadap anaknya. Peserta menyimak edukasi dengan antusias mendengarkan dan memerhatikan materi yang diberikan. Hasil post-test menunjukkan bahwa 80% wali murid sepakat untuk mulai melakukan pembatasan penggunaan gadget pada anak. Kesimpulannya kegiatan edukasi ini berhasil meningkatkan pemahaman dan mendorong orang tua untuk melakukan pembatasan penggunaan gadget pada anak.

Author Biographies

Fenty Febriana, Prodi Ilmu Kesehateraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Kesehateraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Huzaifi, Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Cahya Wulan Suci Rahmadani, Prodi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dava Rahmanda Praditya, Prodi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Silvy Amanda Hidayat, Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Fahmi Ashiddiqi, Prodi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Syahla Shafa Oktavia, Prodi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muhammad Riandra Rafif, Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mutiara Nabila, Prodi Ilmu Kesehateraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Kesehateraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nabila Bilbina Idris, Prodi Ilmu Kesehateraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Kesehateraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Salsabila Zahra, Prodi Ilmu Kesehateraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Kesehateraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Akmal Abdullah Azzam, Prodi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Raka Yudi Setra, Prodi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Satriya Lesmana, Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Rio Cipto Ardiansyah, Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Raihan Raihan, Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nunung Cipta Dainy, Prodi Gizi, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Gizi, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

American Academy of Pediatrics. (2016). "Media and Young Minds." https://pediatrics.aappublications.org/content/138/5/e20162591.

Common Sense Media. (2021). "How to Choose Quality Apps for Kids." https://www.commonsensemedia.org/blog/how-to-choose-quality-apps-for-kids.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ikeu Nurhidayah, J. G. (2021). PERAN ORANGTUA DALAM PENCEGAHAN TERHADAP KEJADIAN ADIKSI GADGETPADA ANAK. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 1-12.

Indian Sunita, E. M. (2018). PENGAWASAN ORANGTUA TERHADAP DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK. Jurnal Endurance 3(3), 510-514

National PTA. (2019). "The Parents’ Guide to Teaching with Tablets." https://www.pta.org/docs/default-source/files/family-resources/digitalliteracy/pta_guide_tablets_english.pdf.

Shella Tasya Hidayatuladkia, M. K. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1-10.

William J. Goode dan Paul K. Hatt. Methods in social research. (New York: Kogakusha company. 1975). h. 341.

Yin, R. K. (2009). Case Study Research Design and Methods (4th ed. Vo). Sage Publication.

Yumarni, V. (2022). PENGARUH GADGET TERHADAP ANAK USIA DINI JURNAL LITERASIOLOGI, 1-13.

Downloads

Published

2023-10-26