EDUKASI PENTINGNYA PERAN ORANG TUA DALAM PENGAWASAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK DI RA AISYIYAH SAWAH BESAR JAKARTA PUSAT

Fenty Febriana, Muhammad Huzaifi, Cahya Wulan Suci Rahmadani, Dava Rahmanda Praditya, Silvy Amanda Hidayat, Muhammad Fahmi Ashiddiqi, Syahla Shafa Oktavia, Muhammad Riandra Rafif, Mutiara Nabila, Nabila Bilbina Idris, Salsabila Zahra, Akmal Abdullah Azzam, Raka Yudi Setra, Satriya Lesmana, Rio Cipto Ardiansyah, Raihan Raihan, Nunung Cipta Dainy

Abstract


Orang tua memiliki peran dalam membatasi waktu layar, memilih konten yang sesuai, dan mendorong interaksi sosial di luar dunia digital. Orang tua juga berperan dalam membentuk kesadaran anak tentang penggunaan yang baik dan bertanggung jawab terhadap gadget. Pendekatan komunikatif, edukatif, dan pengawasan aktif terbukti mampu mengurangi risiko ketergantungan pada gadget dan dampak negatif yang mungkin telah timbul pada anak. Terdapat tantangan dalam peran orang tua, seperti kurangnya pemahaman gadget, perbedaan generasi, dan tekanan sosial terkait penerimaan gadget. Program edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan orang tua tentang cara mengawasi dan mengontrol penggunaan gadget anak. Metode edukasi dilakukan dengan cara presentasi materi tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget pada anak serta strategi yang efektif dalam pengelolaannya, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab dua arah antara orang tua dan narasumber. Lokasi kegiatan dilakukan di Madrasah RA Aisyiyah Sawah Besar Jakarta Pusat. Evaluasi program dilakukan dengan memberikan pertanyaan pre-test dan post-test kepada orang tua wali murid yang hadir. Peserta sebanyak 21 orang tua wali murid. Hasil pre-test sekitar 80% orang tua wali murid tidak menyetujui adanya pembatasan waktu bermain gadget terhadap anaknya. Peserta menyimak edukasi dengan antusias mendengarkan dan memerhatikan materi yang diberikan. Hasil post-test menunjukkan bahwa 80% wali murid sepakat untuk mulai melakukan pembatasan penggunaan gadget pada anak. Kesimpulannya kegiatan edukasi ini berhasil meningkatkan pemahaman dan mendorong orang tua untuk melakukan pembatasan penggunaan gadget pada anak.


Full Text:

PDF

References


American Academy of Pediatrics. (2016). "Media and Young Minds." https://pediatrics.aappublications.org/content/138/5/e20162591.

Common Sense Media. (2021). "How to Choose Quality Apps for Kids." https://www.commonsensemedia.org/blog/how-to-choose-quality-apps-for-kids.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ikeu Nurhidayah, J. G. (2021). PERAN ORANGTUA DALAM PENCEGAHAN TERHADAP KEJADIAN ADIKSI GADGETPADA ANAK. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 1-12.

Indian Sunita, E. M. (2018). PENGAWASAN ORANGTUA TERHADAP DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK. Jurnal Endurance 3(3), 510-514

National PTA. (2019). "The Parents’ Guide to Teaching with Tablets." https://www.pta.org/docs/default-source/files/family-resources/digitalliteracy/pta_guide_tablets_english.pdf.

Shella Tasya Hidayatuladkia, M. K. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1-10.

William J. Goode dan Paul K. Hatt. Methods in social research. (New York: Kogakusha company. 1975). h. 341.

Yin, R. K. (2009). Case Study Research Design and Methods (4th ed. Vo). Sage Publication.

Yumarni, V. (2022). PENGARUH GADGET TERHADAP ANAK USIA DINI JURNAL LITERASIOLOGI, 1-13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ