DESAIN DAN PENERAPAN LORONG HIJAU DI PCA KELAPA GADING, JAKARTA UTARA

Sulistiowati Sulistiowati, Muhammad Fabrizio Firmansyah, Rizka Khairunnisa, Syarifah Hidayati, Rizki Fatchurozi, Bayu Dwi Arisandi, Maryana Maryana, Sofia Wulandari, Fauzan Pardomuan, Fery Alfian Sodik, Istighna Raihandika, Muhamad Rizkian Fajar, Asep Supriyatna, Akhrom Birul Walidaen, Merdiansa Paputungan

Abstract


Menurunnya kualitas udara yang diakibatkan semakin tingginya polusi udara terutama di daerah Ibu kota Jakarta yang diakibatkan semakin tingginya tingkat kebakaran hutan, pembakaran sampah, dan aktivitas kendaraan yang sudah melebihi batas wajar. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat, terutama dalam Kesehatan pernafasan. Dengan diberikannya kesempatan mahasiswa dalam program KKN Universitas Muhammadiyah Jakarta, mahasiswa bersepakat berkontribusi dalam menciptakan udara yang sehat yaitu dengan menciptakan suatu program yang dinamakan “Lorong Hijau” dengan tujuan adalah penghijauan untuk menciptakan ruang yang ramah lingkungan dan bermanfaat bagi Masyarakat sekitar dengan memanfaatkan botol-botol bekas, kita dapat menanam tanaman yang dapat menyerap polutan dan menghasilkan oksigen ke udara. Dimulai dari hal-hal kecil yang setidaknya diharapkan dapat berguna bagi lingkungan sekitar terutama PCA Kelapa Gading. Terbatasnya area lahan penanaman dikarenakan semakin berkurangnya lahan terutama di PCA Kelapa Gading, dengan metode Vertical garden menjadi salah satu solusi dengan pemanfaatan ruang sempit, dapat berguna untuk lingkungan sekitar.


Full Text:

PDF

References


Budiarto, Slamet. 2013. Inspirasi Desain Dan Cara Membuat Vertical Garden. Jakarta: PT AgroMedia Pustaka.

Dwiyanto, A. (2012). KUANTITAS DAN KUALITAS RUANG TERBUKA HIJAU DI PERMUKIMAN PERKOTAAN. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Kerekayasaan, 30, 89.

Fauzi, Ahmad Rifqi, Annisa Nur, and Heny Agustin. 2016. PERTANIAN PERKOTAAN: URGENSI, PERANAN, DAN PRAKTIK TERBAIK.

Kasrani, Mayda Waruni, Rizky Alexan, and Aswadul Fitri Saiful Rahman. 2022. OTOMATISASI PENYIRAMAN TANAMAN HIAS LIDAH MERTUA (SANSEVIERIA) BERBASIS TELEGRAM. Vol. 6.

Kecamatan Kelapa Gading. (2022). Sejarah Kelapa Gading. Diambil kembali dari KecamatanKelapa Gading: https://gadinggov.com/halaman/detail/sej arah-singkat

Syardiansah, S. (2019). PERANAN KULIAH KERJA NYATA SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017). JIM UPB.

Hasibuan. 2019. PENGARUH DAMPAK PENCEMARAN UDARA TERHADAP KESEHATAN UNTUK MENAMBAH PEMAHAMAN MASYARAKAT AWAM TENTANG BAHAYA DARI POLUSI UDARA.

Aliyyah, R. R., Rahmawati, R., Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. (2021). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jurnal Masyarakat Mandiri, 663-676.

Ariatnti, L. (2010). Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Rekayasa Ruang Terbuka Hijaui Iin Arianti Staff Pengajar Jurusan Teknik Sipil POLNEP. Ilmu Pengetahuan dan Rekayasa, 1-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ