Re-branding UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan Hasil Produksi Pertanian Pada Kelompok Wanita Tani Pamulang Barat

Najma Tashifya Siroj, Ghina Fitriyana, Salwa Rizka Rabadi, Velda Ardia Murdiana

Abstract


Kelompok Wanita Tani memiliki peran sentral dalam mendukung ketahanan pangan dan pembangunan berkelanjutan di wilayah pedesaan. Namun, tantangan dalam pemasaran, branding, dan akses pasar sering kali menghambat potensi ekonomi mereka. Artikel ini menganalisis bagaimana re-branding dapat menjadi alat pemberdayaan bagi kelompok Wanita Tani dalam konteks Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Melalui pendekatan studi kasus, penelitian ini memeriksa pengalaman beberapa kelompok Wanita Tani yang berhasil mengimplementasikan strategi re-branding. Analisis ini mencakup langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh kelompok Wanita Tani dalam proses re-branding mereka, termasuk analisis pasar, identifikasi nilai tambah produk, perubahan desain dan kemasan, serta peningkatan komunikasi merek. Penelitian ini juga mengeksplorasi dampak re-branding terhadap peningkatan akses pasar, peningkatan pendapatan, dan pemberdayaan ekonomi anggota kelompok. Selain itu, artikel ini membahas faktor-faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan re-branding kelompok Wanita Tani, seperti keterlibatan anggota kelompok, pelatihan branding, dan dukungan dari pemerintah atau lembaga terkait. Implikasi praktis dari penelitian ini memberikan panduan bagi kelompok Wanita Tani dalam merencanakan dan melaksanakan re-branding yang efektif, serta memberikan informasi berharga bagi para pemangku kepentingan yang ingin mendukung pemberdayaan.


Full Text:

PDF

References


Duflo, E., & Udry, C. (2004). Intrahousehold Resource Allocation in Côte d'Ivoire: Social Norms,

Separate Accounts and Consumption Choices. Journal of African Economies, 13(1), 1-27.

Kabeer, N. (2005). Gender equality and women's empowerment: A critical analysis of the third

Millennium Development Goal 1. Gender & Development, 13(1), 13-24.

Mayoux, L. (2002). Tackling the down side: Social capital, women's empowerment and micro-finance

in Cameroon. Development and Change, 33(3), 421-455.

Narayan, D., Patel, R., Schafft, K., Rademacher, A., & Koch-Schulte, S. (2000).

Voices of the Poor: Can Anyone Hear Us? Oxford University Press.

Syardiansah Syardiansah. (2019). PERANAN KULIAH KERJA NYATA SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA. JIM UPB: Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, 7(1), 57–68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915

Upik Elok Endang Rasmani, Bia Haqqulimara, Rahmah Chaerunisa, Meliana Saputri, Laela Rahmadapasha, Rissa Khairina, … Aviani, L. (2023). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Penyuluhan Dan Pelatihan Budidaya Aquaponik. DEDIKASI: Community Service Reports, 5(2). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/dedikasi/article/view/72278/41691

World Bank. (2020). Women, Business, and the Law 2020. Washington, DC: World Bank.

Zeller, M., & Sharma, M. (1998). Rural finance and poverty alleviation. Food policy, 23(6), 497-508.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ