PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KESENIAN DALAM MENINGATKAN KREATIVITAS SISWA TK AISYIYAH 6 KOMPLEK SLIPI

Thoriq Hartawan Salim, Nurul Nadia Prameswari, Aqila Shafa, Sendi Apriliansyah, Yogi Satria, Puan Dinaphia Yunan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dalam mengembangkan bakat seni pada anak di TK dan faktor yang berkaitan dengan pengembangan bakat seni yang dikembangkan pada anak di TK. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiah 6 Komplek Slipi dengan melibatkan 14 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang berupa studi kepustakaan atau bisa disebut dengan library research. Studi kepustakaan merupakan suatu studi yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dan data yang relevan atau berkaitan dengan dengan topik atau masalah yang sedang diteliti.  Hasil penelitian menunjukkan (a) bakat seni anak dikembangkan melalui stimulasi secara individu seperti Bernyanyi,melukis,mewanai .selain itu bisa dilakukan menggunakan stimulasi secara sosial seperti creative movement, bermain peran, bekerja gotong royong; dan (b) beberapa faktor yang mendukung keberhasilan anak mengembangkan bakat seni, yaitu guru memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan anak, dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memperlihatkan hubungan yang akrab dan tim kerja yang baik sesama guru, serta menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan orang tua, didukung dengan fasilitas belajar yang memadai dan lingkungan yang nyaman serta sehat.


Full Text:

PDF

References


Fitri Anasari, Addy Suyatno, Indah Fitri Astuti. (2015). Sistem Pelaporan Terpadu Kuliah Kerja Nyata Berbasis Digital. Jurnal Informatika Mulawarman.Vol. 10 No. 1.

Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis pembelajaran seni melalui finger painting pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 357-363.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ