PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KESENIAN DALAM MENINGATKAN KREATIVITAS SISWA TK AISYIYAH 6 KOMPLEK SLIPI

Authors

  • Thoriq Hartawan Salim Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nurul Nadia Prameswari Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aqila Shafa Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sendi Apriliansyah Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Yogi Satria Program Studi Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Puan Dinaphia Yunan Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dalam mengembangkan bakat seni pada anak di TK dan faktor yang berkaitan dengan pengembangan bakat seni yang dikembangkan pada anak di TK. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiah 6 Komplek Slipi dengan melibatkan 14 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang berupa studi kepustakaan atau bisa disebut dengan library research. Studi kepustakaan merupakan suatu studi yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dan data yang relevan atau berkaitan dengan dengan topik atau masalah yang sedang diteliti.  Hasil penelitian menunjukkan (a) bakat seni anak dikembangkan melalui stimulasi secara individu seperti Bernyanyi,melukis,mewanai .selain itu bisa dilakukan menggunakan stimulasi secara sosial seperti creative movement, bermain peran, bekerja gotong royong; dan (b) beberapa faktor yang mendukung keberhasilan anak mengembangkan bakat seni, yaitu guru memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan anak, dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memperlihatkan hubungan yang akrab dan tim kerja yang baik sesama guru, serta menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan orang tua, didukung dengan fasilitas belajar yang memadai dan lingkungan yang nyaman serta sehat.

Author Biographies

Thoriq Hartawan Salim, Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nurul Nadia Prameswari, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Aqila Shafa, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Sendi Apriliansyah, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Yogi Satria, Program Studi Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Puan Dinaphia Yunan, Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Fitri Anasari, Addy Suyatno, Indah Fitri Astuti. (2015). Sistem Pelaporan Terpadu Kuliah Kerja Nyata Berbasis Digital. Jurnal Informatika Mulawarman.Vol. 10 No. 1.

Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis pembelajaran seni melalui finger painting pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 357-363.

Downloads

Published

2023-10-26