PENINGKATAN PEMAHAMAN METODOLOGI PENELITIAN KEPADA PESERTA PRAKTIKUM PENELITIAN MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Authors

  • Romlah Romlah Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Munifah Bahfen Dosen Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Siti Shofiyah Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Asni Asni Dosen Luar Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Ummah Karimah Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Hafizh Taufiqurohman Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Heru Nugroho Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muashaha Nafelia Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk mahasiswa/i yang akan melanjutkan proposal penelitian ke tahap skripsi. Beberapa tahun kebelakang ini kasus mahasiwa/i yang masih belum memahami Metodologi Penelitian pada skripsi dan pembuatan skripsi yang baik dan benar. Faktor tersebut disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya minat mahasiwa/i dalam mempelajari lebih dalam mata kuliah Metodologi Penelitian dan kurangnya semangat mahasiwa/i pada pengerjaan skripsi yang hasil baik dan benar. Solusi penanganan kasus ini adalah dengan komunikasi terbuka antara mahasiswa dengan dosen dan berdiskusi bersama antara dosen dan mahasiswa. Sehingga tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan bekal bagi mahasiwa/i agar dapat mengerjakan skripsi dengan baik dan benar. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta dan meminimalisir kurangnya mahasiswa/i dalam memahami Metodologi Penelitian pada skripsi dan pembuatan skripsi yang baik dan benar. Metode yang dilakukan adalah seminar berupa ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peserta berhasil mengamati dan mendengarkan apa yang disampaikan dengan baik dan selesai.

Author Biographies

Romlah Romlah, Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Munifah Bahfen, Dosen Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dosen Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Siti Shofiyah, Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Asni Asni, Dosen Luar Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Dosen Luar Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Ummah Karimah, Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Hafizh Taufiqurohman, Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Heru Nugroho, Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Muashaha Nafelia, Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Ardimen. (2017). Improvement of Professional Competence in Writing Proposal of Candidate for Research Counselors. Islamic Counseling, 1(1), 63–94. Retrieved from http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=523751&val=10700&title=

Nurhayati. (2013). Hubungan antara Motivasi dan Kemampuan Akademik dalam Proses Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Indonesia Timur. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 8(2), 171–178. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/download/1290/1251

Nurmina, & Hartati, N. (2017). Perilaku Plagiat Mahasiswa antara Niat dan Keterampilan Menulis. Jurnal RAP UNP, 8(2), 170–179. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/viewFile/9229/6949

Suhartono. (2014). Pengaruh Kebiasaan Membaca, Kemampuan Berfikir Kritis, dan Penguasaan Struktur Sintaksis terhadap Keterampilan Menulis Ilmiah (Survey pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu). Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 43–65. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/viewFile/515/490

Supriyadi. (2010). Model Belajar Learning Community untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 17(1), 11–22. Retrieved from http://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/178/

Downloads

Published

2023-10-26