Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Authors

  • Kukuh Haryadi Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zidan Sabbihis Risqananda Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Luthfi Fauzan Danny Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Erlina Rahmayuni4 Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu program yang harus ditempuh oleh mahasiswa di Perguruan Tinggi. Program kerja KKN kami adalah melakukan kegiatan mengajar menarik garis gambar untuk melatih fokus dan konsentrasi anak di TK Aisyiyah 73. Tujuannya adalah mengajar anak TK Aisyiyah 73 dalam menarik garis gambar melatih fokus dan konsentrasi. Metode pelaksanaan pada kegiatan ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan sasaran murid TK Aisyiyah 73 pada tanggal 8 Agustus 2023. Kegiatan dimulai dengan membaca doa, dilanjutkan dengan memberikan materi mengajar menarik garis gambar hewan dan makannya. Materi yang di sampaikan juga sangat ringan dan santai. Kegiatan juga diberikan dalam bentuk kuis dengan tujuan mencairkan suasana dan disaat sesi diselipkan materi lewat pendekatan persuasif untuk secara tidak langsung melatih rasa percaya diri dari masing-masing murid. Kegiatan program kerja mendapat respon baik dari para guru dan juga orang tua para murid TK Aisyiyah73.

Author Biographies

Kukuh Haryadi, Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Zidan Sabbihis Risqananda, Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Luthfi Fauzan Danny, Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Erlina Rahmayuni4, Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Haryanto, Y. (2017). Peningkatan Fokus dan Konsentrasi Anak Melalui Kegiatan Seni Menggambar. Jurnal Pendidikan Anak.

Santoso, R., & Indriyani, P. (2020). Pengaruh Kegiatan Melukis terhadap Perkembangan Konsentrasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Purwati, E., & Susilawati, E. (2018). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Motorik Halus dalam Melukis dan Menggambar bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Supriyanto, A., & Suryani, E. (2019). Strategi Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Anak dalam Kegiatan Menggambar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling.

Cahyani, A. D., & Prastiwi, N. E. (2016). Peran Seni Lukis dalam Mengembangkan Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Kusuma, A. S., & Kurniawati, D. (2018). Efektivitas Kegiatan Melukis untuk Meningkatkan Fokus Belajar Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.

Rukmini, S., & Harini, P. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Menggambar dan Melukis. Jurnal Pendidikan Anak.

Hidayat, R., & Susilo, A. (2017). Peranan Aktivitas Seni dalam Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Yuliani, E., & Widiastuti, T. (2019). Pengaruh Kegiatan Menggambar terhadap Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Anggraeni, D., & Mulyani, S. (2018). Penerapan Metode Belajar Melalui Seni Gambar untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak.

Downloads

Published

2023-10-26