Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kukuh Haryadi, Zidan Sabbihis Risqananda, Luthfi Fauzan Danny, Erlina Rahmayuni4

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu program yang harus ditempuh oleh mahasiswa di Perguruan Tinggi. Program kerja KKN kami adalah melakukan kegiatan mengajar menarik garis gambar untuk melatih fokus dan konsentrasi anak di TK Aisyiyah 73. Tujuannya adalah mengajar anak TK Aisyiyah 73 dalam menarik garis gambar melatih fokus dan konsentrasi. Metode pelaksanaan pada kegiatan ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan sasaran murid TK Aisyiyah 73 pada tanggal 8 Agustus 2023. Kegiatan dimulai dengan membaca doa, dilanjutkan dengan memberikan materi mengajar menarik garis gambar hewan dan makannya. Materi yang di sampaikan juga sangat ringan dan santai. Kegiatan juga diberikan dalam bentuk kuis dengan tujuan mencairkan suasana dan disaat sesi diselipkan materi lewat pendekatan persuasif untuk secara tidak langsung melatih rasa percaya diri dari masing-masing murid. Kegiatan program kerja mendapat respon baik dari para guru dan juga orang tua para murid TK Aisyiyah73.


Full Text:

PDF

References


Haryanto, Y. (2017). Peningkatan Fokus dan Konsentrasi Anak Melalui Kegiatan Seni Menggambar. Jurnal Pendidikan Anak.

Santoso, R., & Indriyani, P. (2020). Pengaruh Kegiatan Melukis terhadap Perkembangan Konsentrasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Purwati, E., & Susilawati, E. (2018). Pentingnya Pengembangan Kemampuan Motorik Halus dalam Melukis dan Menggambar bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Supriyanto, A., & Suryani, E. (2019). Strategi Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Anak dalam Kegiatan Menggambar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling.

Cahyani, A. D., & Prastiwi, N. E. (2016). Peran Seni Lukis dalam Mengembangkan Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Kusuma, A. S., & Kurniawati, D. (2018). Efektivitas Kegiatan Melukis untuk Meningkatkan Fokus Belajar Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.

Rukmini, S., & Harini, P. (2020). Pengembangan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Menggambar dan Melukis. Jurnal Pendidikan Anak.

Hidayat, R., & Susilo, A. (2017). Peranan Aktivitas Seni dalam Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Yuliani, E., & Widiastuti, T. (2019). Pengaruh Kegiatan Menggambar terhadap Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Anggraeni, D., & Mulyani, S. (2018). Penerapan Metode Belajar Melalui Seni Gambar untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ