PENGUATAN NILAI KARAKTER KEPEDULIAN MELALUI KEGIATAN KERJA BAKTI BAGI SISWA/I SDN 01 KAMPUNG SAWAH KECAMATAN RUMPIN BOGOR

Ahmad Syaerozi, Vinca Melati, Jundi Waliyudin Ulwan, Renty Anugerah Mahaji Puteri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan nilai karakter kepedulian melalui kegiatan kerja bakti bagi siswa KelasĀ  IV, V dan VI SD Negeri 01 Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian, berdasarkan hasil pengamatan di lapangan ditemukan adanya hal-hal sebagai berikut: masih kurang nya rasa kepedulian akan kebersihan di lingkungan sekolah oleh siswa IV, V dan VI SD Negeri 01 Kampung Sawah, sehingga di ruangan kelas dan halaman sekolah masih terdapat sampah yang berserakan, gedung sekolah yang terpisah antara kelas IV, V dan VI SD Negeri 01 Kampung Sawah juga menyebabkan siswa/i sulit untuk melakukan kegiatan bersih-bersih karena sulitnya akses yang tersedia yaitu sulitnya untuk mengakses air bersih di kamar mandi. Kesimpulannya bahwa nilai karakter kepedulian siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 01 Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor dirasakan lemah karena itu perlu diberikan penguatan. Salah satu penguatannya dapat dilakukan dengan kegiatan kerja bakti di sekolah yang dilakukan setiap hari kamis, sehingga dapat disebut sebagai hari kamis bersih.


Full Text:

PDF

References


Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Tentang Pendidikan.

Admizal, A., & Fitri, E. (2018). Pendidikan Nilai Kepedulian Sosial Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 163-180.

Lestari, Y. (2018). Penanaman nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(2).

Yuliani, S. W. (2020). Penguatan Nilai Karakter Kepedulian Melalui Kegiatan Kerja Bakti Bagi Siswa SD Negeri Kartasura 05 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, 28(3), 329-338.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ