Mahasiswa dan Berkemajuan: Sosialisasi Mewujudkan Mahasiswa yang Berkarakter Islami dan Berkemajuan (Studi Pengabdian di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta)

Ahmad Alifuddin, Azriel Devansyah, Tasya Trianjani Winarto, Ayuhan Ayuhan, Ummah Karimah

Abstract


Islamic parenting adalah suatu metode pengasuhan orang tua kepada anak sebagai solusi metode pendidikan dengan pendekatan karakter budi pekerti dan relegiusitas agama Islam. Prinsip pengasuhan orang tua yang berkaitan dengan pengembangan karakter, prinsip dimaksud meliputi keteladanan diri, kebersamaan dengan anak dalam merealisasikan nilai moral, sikap demokratis, sikap terbuka, jujur dalam diri anak, serta kesatuan kata dan tindakan yang melahirkan kepercayaan dan kewibawaan. Kepercayaan dan kewibawaan yang tinggi akan memunculkan apresiasi anak pada orang tua, memiliki dampak munculnya nilai disiplin diri yang bersumber dari kata hati anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh parenting Islami terhadap karakter disiplin anak usia dini yang bersekolah di PAUD. Parenting Islami memiliki pengaruh yang positif dengan karakter kedisiplinan anak usia dini. Artinya semakin tinggi tingkat parenting Islami yang dipahami dan diamalkan orang tua, maka semakin tinggi karakter kedisiplinan anak usia dini, begitu pula sebaliknya. Berdasarkan hal tersebut maka, hipotesis yang dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Penelitian ini membahas tentang penerapan pendidikan agama Islam pada sebagai upaya pembentukan kepribadian muslim peserta didik yang islami. Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kepribadian muslim peserta didik menggunakan dua strategi pembelajaran, yaitu pembelajaran langsung dan pembelajaran tidak langsung

Full Text:

PDF

References


Deden Fajar Firdaus. (2019). MENJADI MAHASISWA YANG UNGGUL DI ERA INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY. PROSIDING SEMINAR NASIONAL.

Eka Firmansyah. (2022). Kiat-kiat yang dilakukan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palu dalam Menciptakan Lulusan Berkualitas dan Berkemajuan. Jurnal Ilmu pendidikan dan keislaman,.

Fauzan Sulman. (2021). Pengaruh Media Animasi Berkarakter Islami Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bumi dan Antariksa kota jambi. jurnal pendidikan.

Haris Fadilla. (2017). kesiapan kerja dalam keprobadian islami mahasiswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG.

Ilham Putri. (2021). MATERI KARAKTER ISLAMI PADA DARUL ARQAM DASAR (DAD) IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH (IMM) AL-QALAM. jurnal kajian islam & pendidikan.

Imam Kusmaryono. (2017). Penerapan Pembelajaran Berkarakter Islami Pada Program PPL Mahasiswa Pendidikan Matematika Unissula Semarang. . journal of mathematics education, 119.

Joko Susilo. (2022). Character education trend in Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn) .

Kamalludin. (2017). BERKARYA NYATA MEMBANGUN DESA MENUJU INDONESIA BERKEMAJUAN. jurnal pengabdian pada masyarakat.

Muhajir. (2022). nclusion of pluralism character education in the Islamic modern boarding schools during the pandemic era. Journal of Social Studies Education Research.

Muhammad. (2021). Integration of character education based on local culture through online learning in Madras Ahaliyah. Cypriot Journak of Educatinal Science.

Mustolikh. (2013). KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERKARAKTER ISLAMI. geoedukasi.

Muzammil. (2019). Exposing Islamic character values At English for Islamic Studies. DINAMIKA ILMU,.

Nurizzati. (2016). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN STATISTIK DASAR DENGAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DI JURUSAN TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ