Peningkatan Pembelajaran Melalui Belajar di Luar Ruangan pada Sekolah Dasar

Authors

  • Raflly Abdul Aziz Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dara Khoirunnisa Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rika Anggraeni Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Moh. Khoirul Anwar Manajamen Zakat dan Wakaf, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Pendidikan merupakan elemen penting dalam pembangunan manusia. Salah satu metode pembelajaran yang efektif adalah belajar di luar ruangan, yang melibatkan proses pembelajaran yang berlangsung di luar lingkungan kelas. Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan manfaat dan keunggulan belajar di luar ruangan pada tingkat Sekolah Dasar (SD). Studi ini dilakukan di SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LAZUARDI dengan melibatkan identifikasi potensi manfaat dan tantangan dalam menerapkan metode ini pada tingkat tersebut.

Author Biographies

Raflly Abdul Aziz, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dara Khoirunnisa, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Rika Anggraeni, Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Moh. Khoirul Anwar, Manajamen Zakat dan Wakaf, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Manajamen Zakat dan Wakaf, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

The Surprising Benefits of Teaching a Class Outside. (n.d.) Retrieved September 8, 2023, from greatergood.berkeley.edu

The Dangerous Edge: The Psychology of Exitement. New York: The Free Press, Macmillian Inc. Apter, M.J. (1992).

Outdoor learning in the Early Years: Management and innovation.Oxon: Routledge. Bilton, H. (2010).

Learning Outdoors: Improving the Quality of Young Children's Play Outdoors. Oxon: David Fulton Publishers. Bilton, H. et. al. (2005).

The Hundred Languages of Children, 2nd edn. New York: Ablex Publishing. Edwards, C, Gandini, L & Forman, G (eds). (1998).

Motorik, Koncentrationsförmåga och Skolprestationer. Malmo: Malmo Medical University, (PhD Thesis) Ericsson, I. (2003). Motorik, Koncentrationsförmåga och Skolprestationer. Malmo: Malmo Medical University, (PhD Thesis)

Downloads

Published

2023-10-26