SOSIALISASI PEMAHAMAN PENGELOLAAN ZAKAT KEPADA JAMAAH MASJID JAMIK DARUSSALAM PONDOK AREN

Risdianto Risdianto, Amirsyah Amirsyah, Fajar Adi Prakoso, Rizkan Maulana, Faizatur R. Kelire, Nagina Wahyu Handayani, Ikran Azzam

Abstract


Salah satu persoalan keummatan yang menjadi tantangan bagi tugas lembaga dakwah Islam adalah masalah kemiskinan terutama sekali di Indonesia. Islam yang merupakan agama yang paling banyak penganutnya di Indonesia seharusnya sudah menjadi tanggung jawab umat Islam untuk menanggulangi kemiskinan yang terjadi di negeri yang kaya akan sumberdaya alam ini. Sejalan dengan itu tentu orang Islam pulalah yang paling banyak mengalami kemiskinan. Padahal Islam mengajarkan bahwa setiap muslim adalah bersaudara, dan belum sempurna iman seorang muslim sebelum ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. Penanggulangan kemiskinan harus menjadi agenda bersama umat Islam Indonesia. Kita tidak bisa hanya berpangku tangan dan menuntut pemerintah untuk mengatasi kemiskinan yang jumlahnya terus meningkat. Program-program kemiskinan yang telah dicanangkan pemerintah dapat digunakan sebagai prasarana pemberantasan kemiskinan seperti pemberdayaan infak, zakat, sedekah dan sebagainya. Dengan jalan memberdayakan lembaga zakat yang dikelola secara profesional akan dapat mengatasi semua hal yang menyebabkan kemiskinan. Salah satu yang harus ditanamkan kepada lembaga zakat baik itu pengurus maupun para wajib zakat serta penerima zakat adalah untuk menjaga keimanan kepada Allah sehingga umat Islam harus bahu-membahu untuk mengentaskan angka kemiskinan tersebut. Si penerima zakat juga harus mempunyai keimanan bahwa amanat yang diterimanya merupakan pertanggung-jawabannya kepada Allah dan harus mengembangkan pendapatan usahanya sesuai dengan yang diamanatkan para amil zakat. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pendampingan pemberdayaan zakat bagi jama'ah Masjid Jamik Darussalam, Kelurahan Perigi Baru, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Atabik. (2015). Manajemen Pengelolaan Zakat yang Efektif di Era Kontemporer. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 2(1), 40–62.

Daud, A., Harahap, M. A., & Hasibuan, S. W. (2023). Sosialisasi Peran Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ummat. FUSION : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–7.

Drajat, S., Pesantren, I., & Drajat, S. (2022). PENGELOLAAN ZAKAT DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT MISKIN PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN TUBAN Risa yulianti 1, R Zainul Mustofa 2. 04(02).

Nurjamil. (2022). Sosialisasi Pengantar Ilmu Zakat, Wakaf Dan Waris Dalam Rangka Peningkatan Literasi Ekonomi Syariah Berbasis Filantropi Bagi Pengelola Zakat di Kelurahan Sukamiskin Kota Bandung. E-Coops-Day, 3(2), 243.

Shofiyah, S., Karimah, U., Hasbi, M., & Agama, F. (n.d.). OPTIMALISASI DESA BINAAN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD): STUDI PEMBELAJARAN PRODI PAI DI PAMULANG (SAUNG JINGGA). Jurnal.Unimed.Ac.IdS Shofiyah, U Karimah, B Busahdiar, F FarihenJURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT•jurnal.Unimed.Ac.Id. Retrieved October 6, 2023, from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/41795


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ