Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Marketing Communication UMKM

Ilham Alfiyanur, Syahlun Fikry Riyanto, Alzi Alhudsi, Istisari bulan Lageni

Abstract


Dalam perkembangan teknologi dari masa ke masa, teknologi terus berkembang ke arah yang lebih canggih salah satunya seperti media sosial, dalam penggunaan media sosial sangatlah membantu dan mempermudah sebagai suatu media komunikasi. Media sosial yang menjadi sarana Marketing Communication UMKM agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi dengan baik. Tim kami berinisiatif untuk mengadakan penyuluhan dan pembinaan terkait Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Marketing Communication UMKM di Kubuka Kopi & Dapur, Ruko Horizon Broadway The Icon Cisauk BSD, Tangerang. Lokasi ini dipilih karena merupakan daerah padat penduduk dan menjadikan suatu peluang untuk mendirikan berbagai macam bisnis usaha. Kegiatan berlangsung pada tanggal 30 Agustus 2023 pukul 10.00 s.d 14.00 WIB dengan materi yang disampaikan berupa “Strategi Marketing Communication Melalui Media Sosial” dan “Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Logo Perusahaan”. Diikuti oleh 10 peserta yang berusia 40-45 tahun yang sangat antusias dengan kegiatan ini.

Full Text:

PDF

References


Bunyamin, H., Kasih, J., Gantini, T., Marcus, T., Toba, H., Setiawan, D.,& Vieri, R. (2022). Penyuluhan Pengenalan Dunia Digital Marketing Bagi Desa Cibodas. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 78-84.

Althaf. M, Romanti, Itjen.Kemdikbud, Manfaat KKN Untuk Mahasiswa https://itjen.kemdikbud.go.id/ diakses pada 14 September 2022.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting, http://lpcr.muhammadiyah.or.id/

Pimpinan pusat Muhammadiyah, Struktur Organisasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Banten, http://banten.muhammadiyah.or.id/

Syaifullah, H., Putri, AN, & Firmanto, FR (2022, Oktober). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM LINGKUNGAN MASYARAKAT BERBASIS MASYARAKAT UNTUK PENGUATAN KARAKTER DI SAUNG JINGGA PAMULANG-TENGERANG SELATAN. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Wulandari, C. E. P., Sugiatno, S., & Siswanto, S. (2020). Dampak Kuliah Kerja Nyata Dalam Pengembangan Keagamaan Bagi Remaja. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 5(2), 221.

Yuliasari, A. D., & Hariyani, N. (2022). Opini Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Merdeka Madiun. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 23(1), 1-11.

Zaman, M., Oktapriandi, S., dan Masnila, N. (2019) Perbaikan ManajemenPemasaran terhadap Peningkatan Omset Produk Tenun Songket Palembang. APTEKMAS, 2(1):1-8 Badan Pusat Statistik Kabupaten Tangerang, Statistik Daerah Kabupaten Tangerang 2021 (Tangerang 2021).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ