Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Marketing Communication UMKM

Authors

  • Ilham Alfiyanur Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta,
  • Syahlun Fikry Riyanto Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta,
  • Alzi Alhudsi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta,
  • Istisari bulan Lageni Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Abstract

Dalam perkembangan teknologi dari masa ke masa, teknologi terus berkembang ke arah yang lebih canggih salah satunya seperti media sosial, dalam penggunaan media sosial sangatlah membantu dan mempermudah sebagai suatu media komunikasi. Media sosial yang menjadi sarana Marketing Communication UMKM agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi dengan baik. Tim kami berinisiatif untuk mengadakan penyuluhan dan pembinaan terkait Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Marketing Communication UMKM di Kubuka Kopi & Dapur, Ruko Horizon Broadway The Icon Cisauk BSD, Tangerang. Lokasi ini dipilih karena merupakan daerah padat penduduk dan menjadikan suatu peluang untuk mendirikan berbagai macam bisnis usaha. Kegiatan berlangsung pada tanggal 30 Agustus 2023 pukul 10.00 s.d 14.00 WIB dengan materi yang disampaikan berupa “Strategi Marketing Communication Melalui Media Sosial” dan “Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Logo Perusahaan”. Diikuti oleh 10 peserta yang berusia 40-45 tahun yang sangat antusias dengan kegiatan ini.

Author Biographies

Ilham Alfiyanur, Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Syahlun Fikry Riyanto, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Alzi Alhudsi, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Istisari bulan Lageni, Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

References

Bunyamin, H., Kasih, J., Gantini, T., Marcus, T., Toba, H., Setiawan, D.,& Vieri, R. (2022). Penyuluhan Pengenalan Dunia Digital Marketing Bagi Desa Cibodas. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 78-84.

Althaf. M, Romanti, Itjen.Kemdikbud, Manfaat KKN Untuk Mahasiswa https://itjen.kemdikbud.go.id/ diakses pada 14 September 2022.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting, http://lpcr.muhammadiyah.or.id/

Pimpinan pusat Muhammadiyah, Struktur Organisasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Banten, http://banten.muhammadiyah.or.id/

Syaifullah, H., Putri, AN, & Firmanto, FR (2022, Oktober). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM LINGKUNGAN MASYARAKAT BERBASIS MASYARAKAT UNTUK PENGUATAN KARAKTER DI SAUNG JINGGA PAMULANG-TENGERANG SELATAN. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Wulandari, C. E. P., Sugiatno, S., & Siswanto, S. (2020). Dampak Kuliah Kerja Nyata Dalam Pengembangan Keagamaan Bagi Remaja. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 5(2), 221.

Yuliasari, A. D., & Hariyani, N. (2022). Opini Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Merdeka Madiun. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 23(1), 1-11.

Zaman, M., Oktapriandi, S., dan Masnila, N. (2019) Perbaikan ManajemenPemasaran terhadap Peningkatan Omset Produk Tenun Songket Palembang. APTEKMAS, 2(1):1-8 Badan Pusat Statistik Kabupaten Tangerang, Statistik Daerah Kabupaten Tangerang 2021 (Tangerang 2021).

Downloads

Published

2023-10-26