EDUKASI STRES REMAJA DI MASA PANDEMI PADA SISWA MAN INSAN CENDEKIA SERPONG

Authors

  • Yusri Hapsari Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Alidina Nur Afifah Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lismandasari Lismandasari Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fildzah Siti Ghassani Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Pengabdian Masyarakat yang telah dilakukan mendapatkan hasil Pandemi COVID-19 berdampak signifikan terhadap kesehatan mental remaja. MAN Insan Cendekia Serpong berencana mengadakan program edukasi untuk membantu siswa mengelola stres selama pandemi. Dengan tujuan untuk Meningkatkan kesadaran tentang stres dan dampaknya, mengidentifikasi gejala stres, memberikan strategi manajemen stres, mendukung kesehatan mental siswa. Metode pelaksanaaan yang digunakan yaitu dengan seminar dan workshop dan konseling edukasi. Program ini diharapkan membantu siswa MAN Insan Cendekia Serpong memahami dan mengelola stres dengan baik, serta mendukung kesehatan mental mereka selama pandemi. Dukungan semua pihak sangat penting untuk keberhasilan program ini.

Author Biographies

Yusri Hapsari, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Alidina Nur Afifah, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Lismandasari Lismandasari, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fildzah Siti Ghassani, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Berger, J. (2021). Understanding Adolescent Mental Health. Oxford University Press.

Comer, R. J., & Kendall, P. C. (2019). Abnormal Psychology (11th ed.). Worth Publishers.

Gonzalez, C., & Williams, D. (2020). Mental Health and Resilience in Adolescents: A Comprehensive Guide. Springer.

Lupien, S. J., McEwen, B. S., Gunnar, M. R., & Heim, C. (2009). The Effects of Stress and Stress Hormones on Human Cognition: Implications for Understanding and Treating Anxiety Disorders. Nature Reviews Neuroscience, 10(6), 467-478.

Regehr, C., Glancy, D., & Pitts, A. (2013). Interventions to Reduce Stress in University Students: A Review and Meta-Analysis. Journal of Affective Disorders, 148(1), 1-14.

Downloads

Published

2022-10-26