PENGUATAN MATERI AKHLAK BAGI PENGURUS OSIS DAN EKSTRAKURIKULER DI SMAN 25 JAKARTA

Ahmad Irfan, Abd. Basit, Hari Eko Purwanto, Budi Johan, Didi Ageng Saputra, Dicky Setiadi

Abstract


Permasalahan pendidikan di era saat ini yang terberat adalah terkait dengan Pendidikan akhlak. Peserta didik pada tingkat dasar maupun menengah sangat memerlukan penguatan akhlak dalam di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Model integrasi pendidikan keluarga, sekolah  dan masyarakat harus harmonis dalam proses pendidikan akhlak peserta didik. Pendidikan akhlak memerlukan pemahaman teori tentang  akhlak mahmudah dan mazhmumah disertai dengan proses internalisasi nilai melalui pembiasaan, keteladanan dan pelibatan peserta didik dalam setiap aktivitas keagamaan di sekolah. Tujuan Pengabadian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penguatan materi tentang membentuk akhlak serta kepribadian Islami bagi peserta didik serta mengedukasi tentang etika digital dalam bermedia sosial, metode pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan seminar, diskusi, tanya jawab serta problem solving dalam dinamika permasalahan akhlak remaja. Kegiatan ini berdampak pada bertambahnya pemahaman peserta didik tentang pembentukan kepribadian Islami, memahami etika digital guna membekali peserat didik dalam beredia sosial serta memberikan wawasan peserta didik terhadap Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No.24 tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman bermuamalah di media sosial. Kesimpulan dalam pengabdian masyarakat ini bahwa pembinaan akhlak peserta didik memerlukan kolaborasi antara tiga lingkungan pendidikan (keluarga, sekolah dan masyarakat) serta dukungan pemerintah. Proses internalisasi akhlak islami dimulai melalui pemahaman kognitif, pembiasaan, pengkodisian dan keteladanan.

Kata kunci: akhlak, peserta didik, ektrakulikuler


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. W. (2019). Peran Keteladanan Pendidik dalam Perilaku Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(1), 13. https://doi.org/10.30984/jii.v13i1.921

Afrita, F., & Yusri, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kenakalan Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 14–26. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.101

Al-Abrasyi, M. A. (1993). Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam (7th ed.). Jakarta: Bulan Bintang.

Albania, P. R., Saleh, K., & Razak, A. (2020). Pengaruh Suasana Keagamaan dan Kegiatan Rohis Nurul Aulad Terhadap Perilaku Siswa SMA Negeri 2 Samarinda. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 18–24. https://doi.org/10.21093/twt.v7i1.2176

Azra, A. (2020). Membebaskan Pendidikan Islam (I. Thaha, ed.). Jakarta: Kencana.

Crowley, B. Z., Cornell, D., & Konold, T. (2021). School Climate Moderates the Association Between Sexual Harassment and Student Well-Being. School Mental Health, 13(4), 695–706. https://doi.org/10.1007/s12310-021-09449-3

Daradjat, Z. (1976). Membina Nilai-Nilai Moral di Indonesia (3rd ed.). Jakarta: Bulan Bintang.

Haq, A., Maryati, T., & Wirawan, I. G. M. A. S. (2020). PERAN OSIS DALAM KEGIATAN SOSIAL KEAGAMAAN (Studi Kasus: di Madrasah Aliyah Syamsul Huda, Desa Tegal Linnggah, Sukasada, Buleleng, Bali). Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 2(1), 22–31. https://doi.org/10.23887/jpsu.v2i1.28046

ilham hadi, hadi purwanto, annisa miftahurrahmi, fani marsyanda, giska rahma. (2019). Krisis Moral Dan Etika Pada Generasi Muda Indonesia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 233–241.

Irfan, A, Shofiyah, S., & Karimah, U. (2023). Moral Ideal Through Islamic Religious Education: Purpose, Concept and Implementation. Nusantara Science and …, 2023, 57–62.

Irfan, Ahmad. (2024). Nasihat Orang Tua Betawi. Banjarmasin: Ruang Karya.

Maas, M. K., Gal, T., Cary, K. M., & Greer, K. (2022). Popular Culture and Pornography Education to Improve the Efficacy of Secondary School Staff Response to Student Sexual Harassment. American Journal of Sexuality Education, 17(4), 435–457. https://doi.org/10.1080/15546128.2022.2076757

Marjuki, A. I. (2024). Nilai Akhlak Dalam Tradisi Mushofahah di Musholla Ahluls Kisa , Darul. 6(1).

Martínez-Fernández, M. B., Díaz-Aguado, M. J., Chacón, J. C., & Martín-Babarro, J. (2020). Student Misbehaviour and School Climate: A Multilevel Study. Psicología Educativa, 27(1), 1–11. https://doi.org/10.5093/psed2020a10

Mochammad, I. (2016). Dekadensi moral di kalangan pelajar (revitalisasi strategi PAI dalam menumbuhkan moralitas generasi bangsa). Edukasia Islamika, 1(https://e-journal.uingusdur.ac.id/edukasiaislamika/issue/view/74), 1–20. Retrieved from http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/766

Mohammadi, E., Mirzazadeh, A., Shahsavari, H., & Sohrabpour, A. A. (2021). Clinical teachers’ perceptions of role modeling: a qualitative study. BMC Medical Education, 21(1), 261. https://doi.org/10.1186/s12909-021-02648-1

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), 89–98. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274

Rony, R. (2021). Urgensi Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 98–121. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.26

RULMUZU, F. (2021). KENAKALAN REMAJA DAN PENANGANANNYA. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1727

Sandhy, A. A., & Rahmanto, M. A. (2024). Peranan OSIS Dalam Penguatan Akhlakul Karimah Siswa di MA Manaratul Islam Jakarta Selatan. Journal on Education, 6(3), 17010–17019.

Sujianto, H., Febrianingsih, D., Sujiyanto, H., Islamiyah, S., Pembangunan, K., & Ngawi, P. (2020). Peran Ekstrakurikuler Rohis Dalam Penanaman Sikap Beragama Siswa Man 2 Ngawi Jawa Timur. Journal of Islamic Education, 5(2), 1–13. Retrieved from http://www.ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie

Tafsir, A. (2019a). Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia (9th ed.). Bandung: PT. Rosdakarya.

Tafsir, A. (2019b). Ilmu Pendidikan Islami (5th ed.). Bandung: PT. Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ