PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS ARTIFICIAL INTELLEGENCE

Arlin Astriyani, Rirun Widiyasari, Viarti Eminita, Ira Vahlia

Abstract


Dilatarbelakangi beberapa guru dan orangtua yang mengeluhkan peserta didik dan anak-anakanya lebih senang bermain hp saat di rumah dan susah untuk memahami materi ketika belajar di sekolah. Selain itu dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang cepat semakin banyaknya aplikasi pembelajaran yang dibutuhkan untuk visualisasi dan sekaligus belajar  materi dengan menggunakan teknologi digital sehingga dalam hibah ini memunculkan Pengabdian Masyarakat berupa Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Digital Berbasis Artificial Intellegence untuk Guru SMP Lab School FIP UMJ Tangerang Selatan menggunakan Filmora. Permasalahan yang saat ini menyebabkan banyak guru dan orang tua yang kesulitan selama mendampingi anak-anak belajar baik di sekolah maupun di rumah. Anak-anak yang ketika di rumah sudah terbiasa bermain HP dan susah belajar karena tidak adanya media digital untuk mereka belajar di rumah bahkan mereka bisa belajar sendiri di rumah. Solusi dari permasalahan tersebut maka dibuatkanlah aktivitas yang menyenangkan harapannya media tersebut bisa memudahkan peserta didik untuk belajar dan tentunya guru untuk mengajar. Guru SMP Lab School FIP UMJ sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Dengan adanya pelatihan ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi dan memperdalam materi melalui video pembelajaran yang dibuat dengan menggunakan Aplikasi Filmora. Respon dari mitra sangat memuaskan dengan persentase 95%.

Kata kunci: Video Pembelajaran Digital, Artificial Intellegence


Full Text:

PDF

References


Attard, C., & Holmes, K. (2020). An exploration of teacher and student perceptions of blended learning in four secondary mathematics classrooms. Mathematics Education Research Journal. https://doi.org/10.1007/s13394-020- 00359.

Ball, D. L., Thames, M. H., & Phelps, G. (2008). Content Knowledge for Teaching: What Makes It Special? Journal of Teacher Education, 59(5), 389–407. https://doi.org/10.1177/0022487108324554

Belnap, J. K., & Parrott, A. (2020). Putting Technology in Its Place. Mathematics Teacher: Learning and Teaching PK-12, 113(2), 140– 146.

Chusyairi, A., Setiyadi, D., Saludin, S., & Pramudita, R. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Google Classrom di SMAN 15 Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 44–50.

Dalal, M., Archambault, L., & Shelton, C. (2017). Professional Development for International Teachers: Examining TPACK and Technology Integration Decision Making. Journal of Research on Technology in Education, 49(3–4), 117–133.

Koh, J. H. L., Chai, C. S., & Lim, W. Y. (2017). Teacher Professional Development for TPACK21CL. Journal of Educational Computing Research, 55(2), 172–196.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ