EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI LIVE STREAMING DAN REVIEW INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA TIKTOK SHOP
Abstract
Digitalisasi mengubah segala faktor, termasuk faktor pemasaran. Masyarakat indonesia saat ini lebih menyukai berbelanja daring daripada berbelanja secara langsung karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu menghemat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas lives streaming (X1) dan review influencer (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) pengguna di Tiktok Shop. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey yang bersifat eksplanatif. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji T menunjukkan bahwa X1 siginifikan dan positif ≤ 0,05 bahwa live streaming sangat mempengaruhi keputusan pembelian.
Kata Kunci: Live streaming, Review influencer, Keputusan pembelian, Komunikasi pemasaran, Tiktok Shop
Full Text:
PDFReferences
Pradatha, K., Muksin, N. N. 2021. Komunikasi Pemasaran Secara Persuasif Melalui Iinfografis pada Instagram Ethis.co.id. Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, (Vol. 5, Nomor 1), 29–39. ISSN: 2615-7179.
Susanto, A. P., Dwihantoro P. 2023. Influencer Marketing for Brands: Akun Instagram @raffinagita1717 dalam Menggaet Fans Rans Cilegon FC. Jurnal Audiens, 4(1), 75–85. https://doi.org/10.18196/jas.v4i1.7
Ariansyah, M. D., Dini, R. A, Sukmawati, D. D. 2023. Strategi Komunikasi Pemasaran Akun TikTok Winddam.id Melalui Live Streaming TikTok. Prosiding Seminar Nasional, 1252–1261.
Widyawati, N. I., Asteria, B. 2024. Efektivitas Content Marketing, Affiliate Marketing dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Barenbliss Di Yogyakarta (Vol. 8, Nomor 1). ISSN: 2580-4553.
Utami, T. K. N., Putu, I. A., Sugianingrat, W., P. A. I., Gede, K. I. 2023. The Influence of The Relationship Marketing, Influencer Marketing and Features on Purchasing Decisions in Zalora E-Commerce Users in Badung Regency. In Management and Applied Social Studies Review (MASSIV) (Vol. 1, Nomor 1. 36-43. https://doi.org/10.32795
Putri, S. M. 2024. Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Sneakerspku9. Jurnal Imlu Administrasi Bisnis & Ilmu Sosial. Vol. 2, Nomor 1.
Maulana, I., Merseyside, Manulang, B. M. J., & Salsabila, O. 2020. Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah Bijak (Vol. 17, Nomor 1), 28-34. http://ojs.stiami.ac.id
Misbakhudin, A., Komaryatin, N. 2023. Content Marketing, Live Streaming, And Online Customer Review On Fashion Product Purchase Decisions. Jurnal Ekonomi Kita (Vol. 12, Nomor 2), 293-307 https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna
Pattikawa, S. N., & Hasan, G. (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Minat Repurchase Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Di E-Commerce Kota Batam. Technomedia Journal, 8(1 Juni), 52–66. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1.1938
Rifani, R. A., Aryanti, S., & Syamsuriani, S. 2023. Pengaruh Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Livestream Tiktok Shop). Amsir Management Journal, 3(2), 100–114. https://doi.org/10.56341/amj.v3i2.204
Sa’adah, S. N., Alfiyah, R., Hidayah, N., Zikrinawati, K., Fahmy, Z. 2023. Pengaruh Komunikasi Persuasif Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Vol. 9, Nomor 2), ISSN:2722-774x.
Seran, Y. P., Verawaty. (2023). The Influence of Social Marketing Media and Digital Influencers on Fashion Purchase Decisions through Customer Reviews on the Shopee Marketplace. Jurnal ecomomic resources, (Vol. 6, Nomor 2), ISSN: 2620-6196.
Syaputra, A., Rahmani, N. A. B. 2024. Pengaruh Video Live Streaming Shopping Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Toko London Fashion Padangsidimpuan).
Yustiawan, S. T., Lestari, B. 2023. Pengaruh influencer Media Sosial Dan Konten Media Sosial Terhadap Minat beli Konsumen Piscocol Di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, (Vol. 9, Nomor 2), ISSN: 2407-3741.
Vieri, C., Sarah, S. 2024. Pengaruh Penggunaan Sosial Media, Influencer dan Konten Visual Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Kahf di Tiktok. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi, & Bisnis, (Vol. 5, Nomor 3), ISSN: 2745-7273.
Wulandari, C., & Indriani, R. 2024. Pengaruh Influencer Marketing dan Celebrity Endorsment Terhadap Minat Beli Body Lotion Scarlett Whitening pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Journal of Management Accounting, (Vol. 2, Nomor 2), ISSN: 3025-7786.
Ashari, M., Kresnamurti R. A. P., & Berutu, M. B. 2024. Strategi Komunikasi Pemasaran Tomoro Coffee Melalui Media Sosial Tiktok. Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik, (Vol. 1, Nomor 4), 212–224.
Pujiyanto, Rizki. 2023. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.
Takemura, K. 2021. Behavioral Decision Theory. Oxfordreferece: Oxford University Perss.
Nugroho, Catur.2020.CYBER SOCIETY Teknologi Media Baru, dan Disrupsi Informasi. Kencana: Jakarta.
Morrisan, M. A. 2015. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
Khairifa, F. 2024. Komunikasi Digital Ruang Silaturahmi dalam Bingkai New Media. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Erfiati, R. D., Helfi, Y. 2023. Analisis Pemasaran Digital: Strategi Konten Live Streaming TikTok Untuk Memasarkan Produk Affiliate. U., Singaperbangsa Karawang.
Setyowati, Desy.2024. Perbandingan Transaksi Temu, Shoppe, TikTok Shop, Tokopedia hingga lazada.
Kusumastuti, A., Koiron, A. M., Achmadi, T. A. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Honeybill, Rebecca. 2023. TikTok Shop Statistics: 2023 Data Analysis. Root website. https://rootdigital.co.uk/
Wulan, S. A. 2024. TikTok Kalahkan Tokopedia di Paruh Pertama 2024, Shoppe Tak Terkejar. Dipublikasikan 16 September 2024. Alenia.id website. https://www.alinea.id/
Setyowati, D. 2024. Perbandingan Transaksi Temu, shopee, Tiktok Shop, Tokopedia hingga Lazada. Dipublikasikan 15 Oktober 2024. Katadata website. https://katadata.co.id/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================