PEMBINAAN LITERASI LINGKUNGAN DENGAN KETERAMPILAN ECOPRINT DI SD MUHAMMADIYAH 37 PONDOK CABE UDIK

Authors

  • Desynta Indah Safitri Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aura Shafana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nabila Ayu Dzuhri Rahmah Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lilian Bunga Andinie Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Revanza Putra Pratama Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sofia Hasna Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Di tengah krisis iklim dan lingkungan yang semakin parah, termasuk pencemaran plastik dan penurunan kualitas ekosistem, penting untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan generasi muda. Kegiatan ecoprint, sebagai salah satu metode pendidikan lingkungan yang inovatif. Ecoprint adalah teknik cetak alami yang menggunakan bahan-bahan alami seperti daun, bunga, dan ranting untuk membuat pola pada kain.  Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajarkan siswa tentang pentingnya pelestarian lingkungan melalui teknik ecoprint, yang menggunakan bahan-bahan alami untuk mencetak pola pada kain. Metode pelaksanaan melibatkan sesi praktik langsung di kelas, di mana siswa diajarkan teknik dasar ecoprint dan pentingnya bahan-bahan alami dalam konteks keberlanjutan. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa siswa tidak hanya memperoleh keterampilan baru dalam seni dan kerajinan, tetapi juga meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya menjaga lingkungan. Aktivitas ini berhasil meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa dan memberikan mereka alat praktis untuk berkontribusi pada pelestarian alam.Kata kunci: Literasi, Lingkungan, Ecoprint, Siswa

References

Luailiya, N., Misrochah, N., Nurfiani, H., Masyaid, A., Astuti, D. M., Afifah, E., et al. (2024). Pelatihan Ecoprint dalam Mendukung Kreativitas Siswa Kelas 5 MI Tarbiyatus Shibyan. Jurnal Pengabdian KOLABORATIF, 8-16.

Irham, M., Efendy, M. P., Silvi, J., & Ummisarah, U. (2023). Membangun Serta Meningkatkan Kreativitasan Anak-Anak Melalui Rumah Belajar Dan Ecoprint Di Desa Sungai Pinang. JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat, 17-21.

Islamia, I., Arif, A. R., Septiana, A., Fetri, P., Ramadona, Gani, M. A., et al. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN ECO-PRINT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERBASIS LINGKUNGAN BERKELANJUTAN PADA ANAK DAN REMAJA. Jurnal Batoboh, 170-178.

Lubis, S. P., Fitri, S., Meutia, P. D., Musriandi, R., Yulizar, M., Lubis, J. A., et al. (2023). PELATIHAN ECO-PRINT TEKNIK POUNDING PADA ANAK-ANAK GAMPONG BARO KEC. MESJID RAYA. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4191-4197.

Rini, R. Y., Imran, I. P., Hermawan, E., Islahiyah, Triyastati, S., Haorah, et al. (2024). Pembelajaran Proyek Berbasis Ecoprint dalam menstimulasi kreativitas anak Sekolah Dasar Undar Andir. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 54-63.

Sekolahloka. (2022, Oktober). Retrieved September 3, 2024, from Sekolahloka.com: https://sekolahloka.com/data/sd-muhammadiyah-37/

Wahyuningtyas, D. T., Sulistyowati, P., & Ain, N. (2024). Meningkatkan Kreativitas Dan Keterampilan Peserta Didik Melalui Program “Eco Print”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 81-91.

Downloads

Published

2024-11-28