PENYULUHAN GENERASI ANTI BULLYING: MEMBANGUN LINGKUNGAN YANG MENGHARGAI PERBEDAAN

Authors

  • Claudia Maharani Damsa Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Andin Nabil Hernawan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Gustia Ningrum Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Keissa Nazelina Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Abdul Mubarok Hukum Keluarga, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ayuhan Ayuhan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Program KKN ini bertujuan untuk mengurangi kasus bullying di lingkungan sekolah dengan meningkatkan kesadaran siswa akan dampak negatif bullying terhadap kesejahteraan psikologis. Pendekatan yang digunakan adalah edukasi interaktif yang melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan berbasis simulasi dan diskusi kelompok. Hasil dari program menunjukkan peningkatan pemahaman siswa mengenai pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif, serta penurunan perilaku bullying di sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang bagi terciptanya sekolah yang ramah dan mendukung kesejahteraan psikologis siswa.Kata kunci: bullying, kesejahteraan psikologis, edukasi, siswa, sekolah

References

Tentama, F., Pranungsari, D., & Tarnoto, N. (2017). Pemberdayaan komunitas anak jalanan Yogyakarta melalui bermain peran. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 11-18. Retrieved from http://ojs.ejournal.id/index.php/ppm/article/view/74

Wang, J., Iannotti, R. J., & Nansel, T. R. (2009). School bullying among US adolescents: Physical, verbal, relational, and cyber. Journal of Adolescent Health, 45(4), 368-375. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2009.03.021

Rigby, K. (2013). Bullying in schools: Addressing desires, not only behaviours. Educational Psychology Review, 25(2), 339-345. https://doi.org/10.1007/s10648-013-9229-9

Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2005). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Olweus, D. (1993). Bullying at school: What we know and what we can do. Oxford: Blackwell Publishers.

Sparrow, D. G. (2010). Motivasi bekerja dan berkarya. Jakarta: Citra Cemerlang.

Downloads

Published

2024-11-28