MENGUKIR KATA DENGAN SENI: EKSPLORASI BAHASA ARAB DAN KALIGRAFI

Authors

  • Lalita Anjani Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Adiwiyana Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Selvia Lestari Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Daffa Ramadhan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Alif Nurramadhan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Bambang Setiawan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Era Teknologi telah berkembang pesat seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Penting untuk manusia mampu menguasai lebih dari satu bahasa. Contohnya, bahasa Arab sebagai manusia yang beragama Islam bahasa Arab menjadi bahasa pemersatu kaum muslimin di dunia. Bahasa Arab sangat berkaitan erat dengan seni kaligrafi sebab seni kaligrafi sangat identik dengan penggunaan bahasa Arab. Metode pelaksanaan dalam program kerja pelatihan ini yaitu dengan memberikan presentasi, demonstrasi yang dilakukan pemateri, latihan praktik, diskusi, pameran hasil karya.  Pada pelaksanaan program kerja pemateri menyampaikan kosa kata bahasa Arab anggota tubuh manusia dengan diiringi sebuah lagu. kosa kata tersebut disampaikan secara berulang-ulang sehingga para peserta akan menghafal kan dan mampu untuk meniru. Selanjutnya pemateri memberikan kuis interaktif berkaitan dengan materi ajar. Terakhir yaitu melatih menulis kaligrafi dasar dimulai dari cara memegang pena dengan benar, mengatur tekanan saat menulis, dan mewarnai gambar. Melalui program kerja berupa pelatihan menulis kaligrafi dari kosa kata bahasa Arab ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi peserta menanamkan kemampuan dalam menulis kaligrafi dan menguasai bahasa Arab.Kata kunci: Eksplorasi, Bahasa Arab, Seni Kaligrafi

References

Faridah, Luthfi. (2017). Pengenalan Bahasa Arab Untuk Anak Sejak Usia Dini. Prosiding Konfrensi Nasional Bahasa Arab III, 411-412.

Khasanah, Nginayatul. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Urgensi Bahasa Arab Dan Pembelajaranya Di Indonesia), Jurnal: An-Nidzam, 3 (2).

Mustafa, Dedi. (2020). Pembelajaran Kaligrafi Dasar Untuk Melatih Kemahiran Menulis Bahasaarab Bagi Siswamadrasah Ibtidaiyah, Dimar, 2(1).

Sugianto, Alip et al. (2022). Pelatihan Menulis Seni Kaligrafi Bagi Guru Taman Pendidikan Al Qur’an, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6 (5).

BKKBN, “Profil Bambu Apus (Pamulang)”, https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/2311/bambu-apus-pamulang, diakses pada tanggal 29 Agustus 2024.

Downloads

Published

2024-11-28