PROGRAM PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN SOSIALISASI DILINGKUNGAN SEKOLAH

Authors

  • Mochammad Aidhul Fitra Adipati Rachman Jurusan Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Riki Ananda Saputra Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Diwiana Heptiani Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Imelda Sulistia Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Alya Al Zalfaa Jurusan Zakat dan Wakaf, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sa`Diyah El Adawiyah Jurusan Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertujuan untuk mengintegrasikan pembelajaran interaktif di sekolah dengan sosialisasi terkait kenakalan remaja, sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pencegahan perilaku negatif di kalangan siswa. Pembelajaran interaktif dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar melalui penggunaan teknologi, metode kreatif, dan pendekatan kolaboratif. Siswa tidak hanya memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan bekerja dalam tim. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa kombinasi antara pembelajaran interaktif dan sosialisasi kenakalan remaja memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar dan kesadaran akan pentingnya menjaga perilaku baik. Program ini menjadi model implementasi yang efektif dalam membina generasi muda yang cerdas, berintegritas, dan siap menghadapi tantangan sosial di masa depan. Oleh karena itu, Tim KKN kami berinisiatif untuk menyelenggarakan program pembelajaran interaktif dan sosialisasi terkait kenakalan remaja di Kampung Cikoneng, RW 08, Desa Puraseda, Kecamatan Lewiliang, Kabupaten Bogor. Lokasi ini dipilih karena merupakan daerah dengan sektor jenjang pendidikan rendah dimulai dari anak-anak hingga dewasa.Kata kunci: Pembelajaran, Kenakalan Remaja, Anak-anak

References

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN KULON PROGO. Jurnal Prima Edukasia, Volume 2 - Nomor 2, 223-231.

Na‟mah, L. U., Zakiyyah, N., Khasanah, E. W., Hermawan, & Setiawan, A. (2018). PENINGKATAN PENGETAHUAN MELALUI SOSIALISASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA TENTANG KENAKALAN REMAJA (NARKOBA DAN HIV/AIDS). 263- 266.

Rahmayuni , I., Jumaris, & Solfema. (2023). Pendidikan dalam Teori Proses Sosialisasi di Sekolah Dasar. Basicedu, 276-287.

Salamor, Y. B., & Salamor, M. A. (2022). SOSIALISASI DAMPAK KENAKALAN REMAJA BAGI ANAK DI SMA NEGERI 10 AMBON. Communnity Development Journal, 701-705.

Kurniawan, A., Merdekawati, A., Al Ghazali, Celia, J., & Sahfitri. (2022). Sosialisasi Peran Guru Dan Penanganan Dalam Mengatasi Kesulitan Pembelajar Jarak Jauh Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Era Pandemi Covid-19 Pada Mts Al Muhajirin. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa (Jpmf), 1(2), 77–92. Https://Doi.Org/Doi Prefiks:10.55927

Downloads

Published

2024-11-28