PROGRAM EDUKASI DAN PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK PADA SISWA TK ISLAM MELATI DI KAMPUNG BULAK CIPUTAT TIMUR TANGERANG SELATAN

Authors

  • Fadhilah Fajwah Fahmi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Raudoh Syarifah Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Alfin Rifai Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Gilang Wasis Danuarta Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zati Hulwani Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nunung Cipta Dainy Program Studi Sarjana Gizi, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

TK Islam Melati merupakan sekolah yang menggabungkan pengajaran ke-Islam-an dengan pengajaran sekolah pada umumnya untuk anak usia 4-6 tahun. Berdasarkan hasil observasi, masih terdapat siswa yang belum paham tentang pentingnya kebersihan dan cuci tangan sesuai dengan anjuran pemerintah terkait Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Selain itu masih diperlukan berbagai kegiatan tambahan untuk membantu menstimulasi motorik siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa TK Islam Melati terhadap kebersihan serta memberikan keterampilan guna meningkatkan motorik siswa. Metode dalam kegiatan ini menggunakan teknik penyuluhan, simulasi dan praktik. Peserta kegiatan ini adalah siswa yang bersekolah di TK Islam Melati yang berjumlah 45 anak. Materi penyuluhan yang disampaikan mencakup tentang pentingnya memcuci tangan, tata cara mencuci tangan dan manfaat memcuci tangan serta menjaga kebersihan. Keterampilan yang diberikan berupa menyusun kolase, menulis huruf hijaiyah dan teknik bermain bola. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap kebersihan dan cuci tangan, dengan nilai post test sebesar 85%, sebanyak 85% siswa berhasil menghafal dan mneulis huruf hijaiyah, sebanyak 80% siswa berhasil menyusun kolase, dan sebanyak 90% siswa bermain bola dengan teknik yang benar. Seluruh siswa mengikuti seluruh kegiatan dengan antusias dan melakukan praktik keterampilan dengan benar. Kesimpulannya kegiatan edukasi dan peningkatkan keterampilan  di TK Islam Melati telah berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan motorik  siswa.Kata kunci: Kolase, huruf hijaiyah, cuci tangan, bermain bola, dan edukasi.

References

Diputera, Mahindra Artha, Dini Natalia Sembiring, Jessica Valentina Berliana, Selvi Yanti, and Dwi Wiji Lestari. "Identifikasi Masalah Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Medan." Jurnal Usia Dini, 2022.

Fauzi, Husni, et al. "Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Srimukti Kabupaten Bekasi." SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2023.

Hasanah, Uswatun, and Dwi Rizki Mahardika. "Edukasi Prilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia Dini Untuk Pencegahan Transmisi Penyakit." Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 2020.

Huda, Ratna Faeruz, and Miratul Hayati. "Permainan Kolase Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada Kelompok A Tk Muslimat Nu Banjarmasin." JECE (Journal of Early Childhood Education), 2019.

Iqromah, Fitri. "Identifikasi Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Di Tk Se-Kecamatan Samigaluh Kulon Progo." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2018.

Padila, Padila, Juli Andri, Harsismanto, Muhammad Bagus Andrianto, and Rengga Depri Admaja. "Pembelajaran Cuci Tangan Tujuh Langkah Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia Dini." Jurnal Telenursing (JOTING), 2020.

Pasaribu, Munawwir, and Nur Ainun Mukhrimah. "Efektifitas Penggunaan Media Flashcar Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah." Journal on Teacher Education, 2022.

Prima, Deli, Muhammad Fauzi, and Aida Imtihana. "Pengaruh Permainan Lempar Tangkap Bola TerhadapKoordinasi Mata dan Tangan Anak KelompokB Tk Anggrek Palembang Tahun 2023." EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2021.

Rahmi, Putri, and Hijriati. "Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya." Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 2021.

Sopiah. "Upaya Peningkatan Kemampuanmotorikkasar Melalui Aktivitas Melempar Bola Pada Anakusia 4-5 Tahun Di Ra Nurul Amal Kecamatan Ibun." Jurnal Inovasi Pendidikan MH. Thamrin, 2018.

Sriwahyuni. "Metode Pembelajaran Yang Digunakan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda." ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2016.

Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2021.

Sutrisno, Amin, Ivanka Yudistira, and Usman Alfarisi. "Pentingnya Pendidikan Anak Di Usia Dini." Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 2021.

Syafnita, Tisna, et al. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023.

Trisnawati, Tanti, Yudi Wahyu Widiana, and Asep Supriatna. "Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Huruf Di Tkit Bina Insani Kelompok Usia 5–6 tahun." Jurnal Tahsinia (Jurnal Karya Umum dan Ilmiah), 2021.

Wahyuni, Nur. "Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase." SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD,, 2018.

Winarti, Kusni, Zahrati Mansoer, and Luthfi Hardiyanto. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Media Kolase Kertas Origami." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara , 2019.

Yunus, Masrdawati, and Badruddin Kaddas . PAUD: Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Prespektif Islam. Jakarta: Orbit Publishing, 2016.

Zaenab, Siti. "Pemanfaatan Media Bola Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Siswa Kelompok B Tk Jiwa Nala Surabaya." Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 2017.

Downloads

Published

2024-11-28