SOSIALISASI ANTI-BULLYING DI MI AL MASHRIYAH: MEWUJUDKAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG AMAN DAN NYAMAN

Authors

  • Ahmad Suaifi Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lailatul Mansyuroh Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lisda Rahayu Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nanda Aprilia Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Riski Wardana Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Khaerul Muttaqien Jurusan Manajemen Zakat Wakaf, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Bullying sekarang ini sering kali terjadi dalam bentuk fisik seperti menendang, mengejek nama, adapun bentuk bullying lainnya seperti cyberbullying, sosial, seksual, ancaman dan verbal. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa sekolah dasar tentang fenomena bullying di lingkungan pendidikan, khususnya di MI Al- Mashriyyah, melalui pelaksanaan program sosialisasi yang disebut "Pencegahan Bullying pada Anak." Program sosialisasi ini dirancang sebagai intervensi strategis untuk mencegah dan meminimalkan perilaku bullying di kalangan siswa, dengan fokus pada meningkatkan kesadaran dan pemahaman yang mendalam tentang fenomena bullying di lingkungan pendidikan. Diharapkan kegiatan ini dapat berfungsi sebagai upaya pencegahan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan mendukung bagi semua siswa. Hasil dari pengabdian ini yang didapat yaitu memberikan pemahaman informasi terkait dengan upaya mengatadi bullying.Kata kunci: bullying, sosialisasi, lingkungan pendidikan

References

Ningtyas, P. V., & Sumarsono, R. B. (2023, Agustus). Upaya Mengurangi Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Sosialisasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4, 104-108.

Barsah, Z. (2024, April). Fenomena Bullying Terhadap Kenyamanan Belajar di Linkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), 3, 92-98.

Bete, M. N., & Arifin. (2023, April). Peran Guru Dalam Mengatasi Bullying di SMA Negeri Sasitamean Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8, 16.

Fitroh, I., Rosid, M. I., Tasnur, I., Hotimah, I. H., & Arrazaq, N. R. (2023). Sosialisasi Upaya Pencegahan Bullying di SMA Negeri 7 Prasetya Gorontalo.

Journal of Human And Education, 3, 122-126.

Hertinjung, W. S. (2013, Juni). Bentuk- Bentuk Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Parenting 2013, 451.

Indramaya. (2023, Juli). Sosialisasi Bullying dan Cara Mengatasi Bullying di Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 115-118.

Edison, Kurniawan, U. T., Samsaifil, T, R., & Elisya A.S, W. S. (2022).

Program Anti Bullying Untuk Meningkatkan Keterampilan Berperilaku Positif Remaja Desa Lampanairi, Kabupaten Buton Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 1, 222.

Downloads

Published

2024-11-28