BERMAIN DAN BELAJAR: MENCIPTAKAN LINGKUNGAN EDUKATIF DI PAUD TERATAI 012 KELURAHAN RAWAMANGUN

Authors

  • Rizky Maulana Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sarah Luthfiyyah Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fauziah Amalia Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ayu Triani Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Farras Raihan Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Gema Fitriyano Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fondasi penting dalam perkembangan individu. Masa usia dini, yang sering disebut sebagai masa keemasan (golden age), adalah periode kritis dalam pembentukan karakter, kemampuan kognitif, dan sosial anak. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Jakarta Kelompok Tematik 03 berlokasi di PAUD Teratai Indah kelurahan  Rawamangun. Program ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan praktis mahasiswa serta memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat sekitar. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator yang membantu mengidentifikasi potensi dan menangani berbagai masalah yang ada di lingkungan PAUD Teratai Indah 012. Mahasiswa mengadakan berbagai program kerja utama, seperti pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode bermain sambil belajar, belajar mewarnai dengan ceria, dan membuat serta mengembangkan media pembelajaran yang menarik. Metode yang digunakan dalam kegiatan bermain dan belajar: menciptakan lingkungan edukatif di paud teratai 012 adalah melakukan observasi sebelum penerjunan mahasiswa ke lokasi KKN di antaranya dengan mengadakan pengamatan secara langsung terhadap situasi dan kondisi lingkungan masyarakatnya serta berdasarkan wawancara. Berdasarkan hasil dari kegiatan KKN Kelompok kami yang dilaksanakan dari tanggal 9 Agustus sampai dengan 24 Agustus 2024, terdapat kurang lebih 15 anak PAUD dan 2 orang guru PAUD yang ikut dalam pendampingan pembelajaran. Selama berlangsung kegiatan pendampingan pembelajaran semua anak PAUD mengikuti aktivitas pembelajaran dengan baik.Kata kunci : Pendidikan anak usia dini , pendampingan pembelajaran , lingkungan edukatif

References

Zamahsari, dkk, Buku Kemuhammadiyahan Untuk Perguruan Tinggi, UHAMKA Press: 2011

Surwandono,Dinamika Konflik Organisasi Keagamaan Islam Dalam Era

Demokratisasi Di Yogyakarta,Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi

Muhammadiyah (APPPTM), 2010 Zamahsari, dkk, Peta Kondisi Cabang dan Ranting Muhammadiyah di Provinsi DKI Jakarta, Jakarta: LPCR PP Muhammadiyah, 2012

AECT. 1986. Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Anggani Sudono. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo

Depdikbud. 1995. Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-Kakak, Landasan,

Program dan pengembangan Kegiatan Belajar. Jakarta: Depdikbud.

https://rptra.jakarta.go.id/home/tentang

https://digilib.uinsuka.ac.id/id/eprint/64696/

Downloads

Published

2024-11-28