PENERAPAN 5S DI KANTOR POS JAKARTA PUSAT

Tulus Widjajanto, Arif Rahman, Surya Perdana

Abstract


Masalah yang sering muncul dalam perusahaan saat ini adalah kurangnya perhatian terhadap aspek manusiawi. Bila ingin memahami perilaku karyawan, seorang manajer atau pimpinan harus dapat menciptakan kondisi-kondisi yang mendukung kenyamanan dan kegairahan kerja. Program 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke) yang dikembangkan di Jepang diadaptasi oleh Indonesia menjadi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin). Pada Program Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini dilaksanakan di PT. Pos Pasar Jakarta Pusat. Permasalahan yang sering dihadapi adalah sulitnya penerapan 5S dalam sistem kerja dan masih kurangnya pemahaman karyawan terhadap manfaat dari pelaksanaan program 5S. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pemahaman implementasi 5S kepada karyawan Kantor Pos Jakarta Pusat dan memberikan penjelasan kepada karyawan Kantor Pos Jakarta Pusat mengenai manfaat penerapan program 5S. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah melalui beberapa tahap: Observasi langsung yaitu: pengabdi langsung datang ke lokasi pengabdiaan untuk memperoleh data. dan tim pengabdi melakukan pelatihan pemahaman penerapan 5S kepada karyawan Kantor Pos Jakarta Pusat. Rata-rata hasil nilai pre-test adalah sebesar 61,8 meningkat menjadi 74,3 pada saat post-test. Ada peningkatan sebesar 20,23% setelah dilakukan pelatihan.


Full Text:

PDF

References


Diniaty, D., Hidayat, M. 2017. Analisis 5s Pada Stasiun Kerja Press dan Stasiun Kerja Boiler Di PT. Ekadura Indonesia. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 9 Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, hal 555-560.

Hudori, M. 2017. Penerapan Prinsip 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) di Gudang Zat Kimia Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit. Industrial Engineering Journal, Vol.6, No.2, pp. 45-52.

Meri, M., Wijaya, H. 2016. Analisa Penerapan 5S di Warehouse Studi Kasus Warehouse Proyek Indarung VI PT. Semen Padang. Jurnal Teknologi Vo. 6, No. 1, Juni 2016, Hal. 64-73.

Nugraha, A. S., Desrianty A., Irianti, L. 2015. Usulan Perbaikan Berdasarkan Metode 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) Untuk Area Kerja Lantai Produksi Di PT.X. Reka Integra Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, No.04, Vol.03, pp. 219-229.

Siska, M., Sari, L. F. 2016. Analisis Prinsip Kerja 5S dan Motivasi Karyawan di PT. Jasa Barutama Perkasa Pekanbaru Riau. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 14, No. 1, pp.57–65.

Wahyudi. 2017. Penerapan Budaya Kerja 5S dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan. Teknoterap, Vol.1, No. 1, pp. 49-71


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ