WORKSHOP PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013 REVISI BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN MALANG

Authors

  • Suradika Suradika Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dirgantara Wicaksono Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Widia Winata Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Guru adalah perencana sekaligus pelaksana pembelajaran yang menyenangkan. Untuk melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan guru harus membuat perencanaan. Perencanaan yang dibuat oleh guru harus relevan dengan perkembangan zaman. Kondisi nyata di lapangan yaitu di Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Malang (Tengger) menunjukkan hal-hal sebagai berikut: 1) masih kurangnya kemampuan guru dalam menyusun rancangan pembelajaran; 2) masih kurangnya penguasaan materi pembelajaran oleh guru sehingga guru belum dapat mengajar dengan baik; 3) kurang bervariasinya metode mengajar yang dikuasai guru; dan 4) media pembelajaran yang ada belum digunakan secara maksimal oleh guru. Workshop penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi bagi guru-guru SD di Kabupaten Malang (Tengger) bertujuan memberikan pengetahuan kepada para guru tentang bagaimana menyusun RPP Kurikulum 2013 Revisi serta memberikan bimbingan kepada guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 Revisi. Metode yang ditawarkan pada pengabdian masyarakat ini meliputi tahapan-tahapan yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. Setelah mengikuti pelatihan, guru mendapatkan informasi tentang rancangan pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Revisi di tingkat SD serta keterampilan guru dalam pembuatan RPP Kurikulum 2013 meningkat.

References

Badan Pusat Statistik. 2019. bps.go.id.

Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ismawan, Indra. 2005. Learning Organization: Membangun Paradigma Baru Organisasi Pembelajar. Jakarta: Cakrawala.

Makmun, Abin Syamsuddin. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.

McNeil, John D. 1977. Curriculum A Comprehensive Introduction. Boston: Little, Brown and Company.

Mujiman, Haris. 2009. Manajemen Workshop Berbasis Belajar Mandiri. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Rusli, Muhammad., Dadang Hermawan dan Ni Nyoman Supuwiningsih. 2017. Multimedia Pembelajaran yang Inovatif. Jogyakarta: Andi.

Satmoko, Soejitno Irmim. 2004. Mendesain Strategi Workshop Karyawan. N.p: Seyma Media.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suparno, Paul. 2004. Guru Demokratis di Era Reformasi. Jakarta: Grasindo.

Undang-Undang Guru dan Dosen (Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005).

Winata, Widia. 2016. Need Assessment Peserta Program Pelatihan Pendidikan Anak Usia Dini Kecamatan Cileungsi. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10 (2), 349-364. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.09.

Downloads

Published

2019-12-07