PERAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI BIMBEL HIAMA– BOGOR
Abstract
Tulisan ini tentang bimbingan belajar HIAMA yang hadir ditengah masyarakat. Bimbingan belajar merupakan salah satu bantuan yang diberikan kepada siswa oleh lembaga nonformal Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pelaksanaan bimbingan belajar dapat mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi oleh anak serta melihat kemandirian anak dalam belajar. Kemandirian seseorang anak tidak dapat terbentuk tanpa adanya dukungan dari lingkungan, karena individu tidak mungkin hidup tanpa satu lingkungan sosial tertentu jika anak itu mau tumbuh normal dan mengalami proses manusiawi atau proses pembudayaan dalam satu lingkungan kultural. Di samping itu kondisi individu dapat menguntungkan dan positif bila kombinasi dari pengaruh sosial bisa saling mendukung, bisa bekerjasama secara akrab dan membantu proses realisasi diri dan proses sosialisasi anak. Hal ini kembali pada hakikat dari manusia yaitu di samping sebagai makhluk individu juga merupakan pribadi-sosial yang memerlukan relasi dan komunikasi serta makhluk yang paling mulia. Aklak mulia salah satu visi dari HIAMA. Bimbel HIAMA berusaha mengambil peranan penting agar dapat ikut mencerdaskan anak Indonesia sesuai dengan UUD 1945 pasal 31 dinyatakaan bahwa tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran. Penelitian dilakukan April-Agustus 2019 menggunakan deskriptif kualitatif berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa peran bimbel HIAMA banyak dimanfaatkan masyarakat karena membantu kemandirian anak dalam belajar serta meningkatkan hasil belajar anak di sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
Basri, Hasan. Remaja Berkualitas. (2000) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djumhur & Muhammad Surya, (2008) Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Bandung: CV Ilmu.
Jamal. (2008) Mendidik Anak Menurut Rasulullah . Semarang: Pustaka Nuun.
Marhijanto, Bambang. (2009) Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini. Surabaya: Terbit Terang
Redaksi Sinar Grafika, (2008) Undang-Undang SISDIKNAS No. 20 Th. 2003. Jakarta: Sinar Grafika.
Sudjana, Nana. (2004) CBSA dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Syamsu Yusuf & A. Juntika Nurihsan, (2005) Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono (2011) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sylva, Kahy. (2004) Perkembangan Ana.k Jakarta: Arean
Sujanto, Agus. Lubis, Halem. Hadi, Taufik. (2002) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Walgito, Bimo. (2008) Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: AndiOffse
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:
==============================================================================================================
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756
E-ISSN: 2714-6286
==============================================================================================================