KAMPUNG KELUARGA BERENCANA DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI WILAYAH CILENGGANG

Mohamad Noviar Widodo, Moh Khoirul Anam

Abstract


Pemerintah sebagai lembaga masyarakat ingin membangun masyarakat berbasis keluarga, salah satunya mensejahterakan keluarga serta memenuhi kebutuhan masyarakat melalui program yang dirancangkan untuk setiap kampung. Program Kampung KB merupakan salah satu program dalam mengatasi masalah kependudukan di indonesia dan untuk membangun keluarga sejahtera. Kampung KB adalah salah satu produk yang dicetuskan oleh Presiden RI dengan tujuan membangun negara indonesia untuk menjadi negara yang sejahtera, di mulai dari daerah pinggiran atau tertinggal. Rumah tangga mempunyai arti bahwa bentuk dan corak kehidupan masyarakat ditentukan oleh situasi kehidupan rumah tangga atau keluarga. Apabila setiap keluarga atau rumah tangga tertib dan teratur, maka bentuk suatu masyarakat itu akan tertib dan teratur pula demikian sebaliknya. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah input dari roses kegiatan kampung KB belum sesuai dengan rencana kegiatan yang akan dilakukan. Kegiatan yang dilakukan masih kurang efektif serta kurang terstruktur karena kegiatan yang dilakukan ini berdampak dengan antusias warga maka kurang terkendali dalam menjalankan kegiatan ini.


Full Text:

PDF

References


BPS. 2015. Profil Kependudukan Indonesia. Jakarta: BPS

Diakses pada 4 september 2019 https://tangselkota.bps.go.id/dynamictable/2017/05/09/49/jumlah-penduduk-kota-tangerang-selatan.html

Agarwal. 2011. Family Planning Why The United States Should Care. International Journal Of Environmental Researchh and Public Health, 2(8):788-795

BKKBN. 2015. Petunjuk Teknis Kampung Keluarga Berencana. Jakarta: BKKBN

Miller, G., Babiar, S.K. 2014. Family Planning and Program Effects. Journal of United States of America, 4(3): 314-323

Sari, K. S. 2010. Hubungan Konseling Keluarga Berencana (KB) dengan Pengambilan Keputusan Pasangan Usia Subur (PUS) dalam Penggunaan Alat Kontrasepsi. Journal Ilmiah Kebidanan, 1 (1): 76 7-778.

Mardikanto, T., Soebianto, P. 2015. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung. Alfabetha.

Widjajanti, K. 2011. Model Pemberdayan Masyarakat, Journal Ekonomi Pembangunan, 1 (1): 15-27

Pasrah, R., Tri, S. P.,Toti, I. 2014. Efektivitas program keluarga berencana dalam menekan Laju Pertumbuhan Penduduk di Kota Pekanbaru. Jom Fekom, 1(2): 318-344.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ