PELATIHAN PENANAMAN BUDIDAYA TANAMAN HOLTIKULTURAL KANGKUNG (Ipomea.sp) dan BAYAM(Amaranthus.sp) DI KELURAHAN PONDOK JAGUNG TIMUR

Masdor Masdor, Ernyasih Ernyasih, Lumigar Ghaida, Sri Riptifah Tri Handari

Abstract


Kebutuhan ekonomi masayarakat semakin beragam. Permasalahan ini semakin di perkuat dengan melemahnya kemampuan sumber daya manusia untuk mengolah sumber daya alam yang ada. Rendahnya kemampuan masyarakat untuk mengolah sumber daya alam yang ada menghambat masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka terutama akan bahan pokok seperti sayuran. Penanaman bahan sayur bayam dang kangkung  dengan teknik holticulture merupakan salah satu solusi bagi masyarakat untuk mengurangi pengeluaran akan kebutuhan ekonomi mereka. Program Pemberdayaan masyarakat melalui Pelatihan Budidaya tanaman sayur Holticulture di Kelurahan ondok Jagung Timur  ini di lakukan dengan cara observasi mendalam dan pelatihan penanaman budidaya tanaman sayur bayam dan kangkung melalui teknik Holtikultura , hasil yang di peroleh yakni masyarakat di kelurahan Pondok Jagung Timur  dapat memetik sendiri hasil sayur bayam dan kangkung yang telah di tanam.  memberikan manfaat bagi masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang sudah tidak produktif menjadi lahan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Ari, K. (2013). Analisis Pengembangan Kawasan Hortikultural dengan Aplikasi Sistem Informasi Geografis dan Analythical Hierarchy Proses (AHP). Jurnal Pedon Tropika Edisi Vol I.

Haryati, K. (2013). Analisis Usahatani Bayam (Studikasus di Kelurahan Sasa Kecamatan Ternate Selatan Kota Ternate). Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan (Agrikan UMMU-Ternate) Volume 6 Edisi 1.

Rosaly. (2016). Analisis Peranan Sektor Pertanian pada Perekonomian Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Volume 5 No. 12. Journal On Social Economic of Agriculture and Agribusiness.

Suryani. (2018). Pengaruh SUb Sektor Tanaman Holtikultura Terhadap Peningkatan PDRB Sektor Pertanian dalam Perspketif Islam (Studi di Kab. Tanggamus). Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Susila. (2013). Pemupukan Tanaman Hortikultural. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Tirani. (2018). Kontribusi Sektor Pertanian Berdasarkan Keunggulan Wilayah di Kabupaten Bangka. Journal of Sustainable Agriculture Volume 33 No.1.

Zulkarnain. (2009). Dasar-dasar Hortikultura. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ