GIZI LANSIA DAN SENAM ERGONOMIS SEBAGAI UPAYA MENJADI SEHAT DAN BUGAR DI USIA TIDAK MUDA

Leola Dewiyani, Mutmainah Mutmainah, Umi Marfuah

Abstract


Kesehatan adalah hal terpenting dalam setiap fase kehidupan manusia tidak terkecuali yang tergolong dalam kategori usia lanjut. Bahkan kesehatan pada fase kehidupan ini tidak kalah pentingnya dengan fase kehidupan balita, karena pada masa lanjut usia kemampuan fisik dan anatomi seseorang mengalami penurunan. Keterbatasan kemampuan ini membuat sebagian besar masyarakat lanjut usia menjadi stress, depresi yang berujung pada komplikasi penyakit lainnya. Masyarakat lanjut usia tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.  Kelurahan Penggilingan merupakan salah satu kelurahan di Jakarta timur dimana terdapat sekitar 25% masyarakat lanjut usia yang tentunya perlu diedukasi mengenai pola hidup sehat di fase kehidupannya. Untuk itu maka perlu diberikan pengetahuan berupa penyuluhan dan pelatihan mengenai pola hidup sehat terkait dengan makanan sehat dan senam ergonomis bagi lansia. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan berupa praktik kepada kader PKK yang bertugas di Posyandu Lansia Kelurahan Penggilingan Jakarta Timur dengan tema gizi lansia dan senam ergonomis sebagai upaya tetap bugar di usia lanjut (tidak muda). Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah terjadinya peningkatan pengetahuan tentang gizi bagi usia lanjut signifikan secara statistic dengan taraf kepercayaan 95%. Kegiatan ini juga menghasilkan instruktur senam ergonomis yang berasal dari kader PKK Kelurahan Penggilingan Jakarta Timur. Hasil kegiatan pengabdian ini  selanjutnya diterapkan pada Posyandu Lansia Kelurahan Penggilingan Jakarta Timur.


Full Text:

PDF

References


Al Amin, M. (2017). Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensifraktal Box Counting Dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny. MATHunesa, 2(6).

Andria, K. M. (2011). Hubungan antara Perilaku Olah raga dan Pola Makan Dengan Tingkat Hipertensi Pada lanjut Usia di Posyandu Lansia Kelurahan Gebang Putih Kecamatan Sukolilo Kota Surabay, 111–117.

E Walpole, R., & H Myers, R. (2012). Ilmu Peluang dan Statistika Untuk Insinyur dan Ilmuwan (4th ed.). Bandung: ITB Bandung.

Kurnianto, D., Ilmu, P., Pps, K., Makalah, A., Lansia, P., & Apa, P. (2015). Menjaga kesehatan di usia lanjut. Jurnal Olahraga Prestasi, 11, 19–30.

Priyanti, K. (n.d.). Pengaruh Senam Ergonomik Secara Kelompok Dan Individu Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi di Kelurahan Gisikdrono Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 1–15.

Rusli. (2012). Olahraga Lanjut Usia. ILARA, III, 11–19.

Suryanto. (2010). Pentingnya Olahraga Bagi Lansia. Medikora, VI(April), 23–30.

Utara, K. T., & Wowor, M. (2018). Hubungan Kemunduran Fisiologis Dengan Tingkat Stres Pada Lanjut Usia di Puskesmas Kakaskasen Kecamatan Tomohon Utara. E-Journal Keperawatan (e-Kp), 6(Februari 2018), 1 _ 7.

Wratsongko, M. (2008). No Title. Jakarta: PT Media Komputindo Kelompok Grahamedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ