PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK CAIR DARI BAHAN SAMPAH ORGANIK DI RPTRA KELURAHAN PENGGILINGAN

Meri Prasetyawati, Casban Casban, Nelfiyanti Nelfiyanti, Kosasih Kosasih

Abstract


Sampah organik adalah sampah yang bisa mengalami pelapukan (dekomposisi) dan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau, sampah ini lebih mudah terurai daripada jenis sampah anorganik. Sampah organik apabila dikelola secara benar akan menghasilkan produk yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Kegiatan pembuatan pupuk cair dari bahan sampah organik dilakukan di kelurahan penggilingan. Warga yang terlibat dalam kegiatan ini adalah kader PKK Pokja 3 dan Lembaga Musyarawarah Kelurahan (LMK) yang berada dibawah naungan Kelurahan Penggilingan. Tujuan pengabdian masyarakat adalah memberikan pengetahuan mengenai jenis sampah organik, cara memilah sampah, dapat mengolah sampah menjadi pupuk cair. Metode yang dilakukan adalah memberi pelatihan (teori dan praktek) mengenai pembuatan pupuk cair dari bahan sampah organik. Pendampingan warga mengenai pengolahan sampah organik dan penggunaan pupuk cair pada media tanam. Bahan yang dibutuhkan terdiri dari sampah organik basah, cairan molase, EM4, air bersih, karung dan tong plastik. Hasil yang didapatkan kader PKK Pokja 3 kelurahan penggilingan berhasil membuat pupuk cair. Pupuk cair tersebut digunakan untuk menyuburkan tanaman dipekarangan rumah warga. Saat ini kader PKK Pokja 3 pada pekarangan rumahnya sudah memiliki koleksi jenis tanaman hidup. Pupuk organik selain digunakan kader PKK Pokja 3 untuk menyuburkan media tanam dipekarangan rumah, dapat juga memasarkan hasil pembuatan pupuk cair dari bahan organik sehingga dapat meningkatkan perekonomian.


Full Text:

PDF

References


Budiyani N. K., Soniari N. N. dan Sutari N. W. S., 2016. Analisis Kualitas Larutan Mikroorganisme Lokal (MOL) Bonggol Pisang. E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika. 5 (1): 63-72.

Efelina, V. (2018). Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Cair Dari Batang Pohon Pisang di Desa Mulyajaya Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Prosiding Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat (SENADIMAS), 357 - 359.

Hadisuwito, S. 2007. Membuat Pupuk Kompos Cair. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Handayani, S.H., Yunus, A., dan Susilowati, A. 2015. Uji Kualitas Pupuk Organik Uji Kualitas Pupuk Organik Cair dari Berbagai Macam Mikroorganisme Lokal (MOL). Jurnal El-Vivo,Vol.3(1): 54-60 hlm.

Juarsah, I. 2014. Pemanfaatan Pupuk Organik untuk Pertanian Organik dan Lingkungan Berkelanjutan. Seminar Nasional Pertanian Organik Balai Penelitian Tanah. Bogor. 18 – 19 Juni.

Listiyana. R. 2016. Pemanfaatan Daun Lamtoro dan Ekstrak Tauge dengan Penambahan Urine Sapi untuk Pembuatan Pupuk Organik Cair. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Nurdiyanti, D. (2017). Pemanfaatan Limbah Organik Pasar Sebagai Bahan Pupuk Kompos Untuk Penghijauan di Lingkungan Masyarakat Kota Cirebon. URECOL PROCEEDING.

Pancapalaga W., 2011. Pengaruh Rasio Penggunaan Limbah Ternak dan Hijauan Terhadap Kualitas Pupuk Cair. GAMMA. 7 (1): 61- 68.

Rizqiani N. F., Ambarwati E. dan Yuwono N. W., 2007. Pengaruh Dosis dan Frekuensi Pemberian Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Buncis (Phaseolus Vulgaris L.) Dataran Rendah. Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan. 7(1): 43-53.

Sitompul H. F., Simanungkalit T. dan Mawarni L., 2014. Respons Pertumbuhan Bibit Kakao (Theobroma Cacao L.) Terhadap Pemberianpupuk Kandang Kelinci dan Pupuk NPK (16:16:16). Jurnal Online Agroekoteknologi . 2(3) : 1064 – 1071.

Sn. (2014). Rekayasa Lingkungan. Jakarta: Gunadarma.

Suhastyo, A. A. (2019). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair. Jurnal PPKM, 60-64.

Susila S., 2016. Pengaruh Penggunaan Pupuk Cair Daun Kelor dengan Penambahan Kulit Buah Pisang Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung. Publikasi Ilmiah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sutoyo. (2018). Pemanfaatan Limbah Sayuran Sebagai Bahan Baku Pembuatan Pupuk Cair Guna Mendukung Pertanian Organik di Kabupaten Wonogiri. ADI WIDYA, 113 -121.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ