ADVOKASI PENANGANAN PEMBUANGAN SAMPAH LIAR DI KELURAHAN BENDA BARU

Niken Adeliani, Lusi Andriyani, Silvy Diniati, Afridha Setia Jayanti, Rizka Endah Agustin, Rifki Aprilian

Abstract


Proses pengelolaan sampah dan penghijauan yang dilakukan bertujuan agar lingkungan kembali bersih dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan. Pengelolaan sampah di perkotaan harus lebih diperhatikan, begitu juga dengan pola pikir masyarakat yang masih tidak memperdulikan masalah sampah dengan membuang sampah di sembarang tempat, sehingga sampah menumpuk di tempat yang bukan tempatnya yaitu di pinggir jalan.  Tujuan pengabdian masyarakat untuk menangani pembuangan sampah liar yang ada di Kelurahan Benda Baru Pamulang dan membuatnya menjadi lahan hijau. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah dengan melakukan advokasi dan mediasi kepada Kelurahan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), RW, RT dan seluruh elemen masyarakat setempat. Setelah proses mediasi telah dilakukan, lokasi pembuangan sampah liar mulai dilakukan pembersihan sampah, perataan area dengan tanah, pemasangan banner peringatan larangan buang sampah dan penanaman tumbuhan hijau di area tersebut. Kesimpulannya adalah dalam upaya mensukseskan program penanganan sampah ini harus didukung oleh seluruh elemen yang ada, baik pemerintah maupun masyarakat dan Kelurahan Benda Baru karena kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama.


Full Text:

PDF

References


A. N. Lailia, “Gerakan Masyarakat dalam Peletarian Lingkungan Hidup (Studi tentang Upaya Menciptakan Kampung Hijau di Kelurahan Gundih Surabaya),” J. Polit. Muda, vol. 3, no. 3, pp. 1–20, 2014.

C. yo Cheng and J. Urpelainen, “Who should take the garbage out? Public opinion on waste management in Dar es Salaam, Tanzania,” Habitat Int., vol. 46, pp. 111–118, 2015.

(Moore, 2008)Hayati, A., Bararatin, K., Utami, A. S. P. R., Septanti, D., Santosa, H. R., & Valent, M. K. (2017). From Smart Living into Smart City : A Lesson from Kampung of Surabaya, 1–6.

Moore, S. A. (2008). The politics of garbage in Oaxaca, Mexico. Society and Natural Resources, 21(7), 597–610. https://doi.org/10.1080/08941920701759551

M. Shahreza, “Code : Bank Sampah,” pp. 1–48, 2010.

T. Zulyadi et al., “ADVOKASI SOSIAL, Dosen Prodi PMI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh Pengertian”

https://news.detik.com/berita/d- 3505753/jurus-pemkot-tangsel-tangani-

BPS PROVINSI BANTEN 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ