INOVASI PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK MENJADI BAHAN BAKAR MINYAK DI DESA JAMPANG BOGOR

Reza Oktora, Hanna Rachmalia Alwie, Syifa Astasia Utari

Abstract


Saat ini pencemaran sampah plastik menjadi salah satu isu sorotan di mata dunia, begitu pun di Indonesia yang kondisinya semakin memprihatinkan. Hal tersebut kemungkinan besar terjadi karena adanya peningkatan produksi sampah plastik baik yang berasal dari rumah tangga maupun industri, tanpa diikuti dengan manajemen pengelolaan sampah yang sesuai. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan jika produksi sampah plastik tidak bisa dikendalikan, maka diperkirakan pada tahun 2050 sampah plastik akan lebih banyak dari jumlah ikan di lautan. Untuk menanggulangi masalah sampah plastik ini, beragam inovasi terus dilakukan oleh berbagai kalangan, termasuk para akademisi sebagai upaya untuk melindungi bumi agar tetap kondusif bagi manusia di masa depan. Salah satunya dengan mengintegrasikan ilmu pengetahuan dengan kegiatan praktis pada acara KKN universitas. Luarannya adalah masyarakat bisa mendapat keterampilan alternatif dalam hal pengolahan sampah plastik menjadi bahan bakar melalui kegiatan mahasiswa tersebut, dan diharapkan nantinya dapat diimplementasikan secara luas di Indonesia. Teknologi yang digunakan pada proses ini adalah pirolisis dimana sampah plastik dipanaskan pada suhu tinggi untuk kemudian didinginkan kembali untuk mendapatkan minyaknya. Pengembangan inovasi seperti ini bertujuan untuk meningkatkan nilai guna dari sekedar sampah menjadi bahan bakar minyak yang dapat bermanfaat bagi kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat khususnya di pedesaan. Meskipun relatif baru di Indonesia, namun beberapa negara maju seperti Jepang sudah mengaplikasikannya pada skala industri, jadi tidak ada salahnya jika kita membangun kesadaran sejak dini, bergerak untuk memulai dari hal kecil, bergerak dari desa hingga akhirnya menerapkan ke seluruh dunia.


Full Text:

PDF

References


Dickson (2017) http://ilmupengetahuanumum.com/jenis-jenis-plastik-arti-kode- daur-ulang-plastik/ (diakses pada 8 September 2019)

Ermawati, Rahyani. 2011. Konversi Limbah Plastik Sebagai Sumber Energi Alternatif Converting Of Plastic Waste As A Source Of Energy Alternative. Jurnal Riset Industri. Vol. V, No,3,2011, Hal. 257-263.

Kadir. 2012. Kajian Pemanfaatan Sampah Plastik Sebagai Sumber Bahan Bakar Cair. Kendari : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Haluoleo. Vol. 3, No 2, Mei 2012.

Kamaruddin A, Abdul KI, Nirwan S, Endah A, Armansyah HT, Yamin M, Edy H, Purwanto YA, Dyah W, dan Leopold ON, 1999. Energi dan Listrik Pertanian. Ropiudin dan Aep SU Editor. Fakultas Teknologi Pertanian, IPB Bogor.

Lufina, Isni. 2013. Studi Pemanfaatan Minyak Karet (Hevea Brasiliensis) sebagai Bahan Bakar pada Kompor Rumah Tangga. Malang: Universitas Brawijaya.

Wasesa, Raden Segara, dkk. 2016. Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Dengan Alat Pengolahan Sampah Plastik Fixed-Bed Reaktor Dua Kondensor. Journal Kesehatan Lingkungan Masyarakat. Vol. 35 Hal. 152-277 September 2016.

https://inswa.or.id

http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2012/09/16/saatnya-memanen-energi-dari-sampah-487273.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASKAT Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ