PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SEBAGAI PEDOMAN HIDUP SEHAT PADA MASYARAKAT DI SEKITAR KELURAHAN PONDOK JAGUNG KECAMATAN SERPONG UTARA KOTA TANGERANG SELATAN

Robby Tri Mardiyanto, Noor Latifah A, Ayu Arsalina Putri

Abstract


Sehat jasmani merupakan impian semua orang. Untuk mendapatkan jasmani yang sehat diperlukan asupan makanan yang sehat dan gizi seimbang. Gizi seimbang adalah dimana susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaraganan atau variasi makanan. Di Indonesia, pengetahuan dan perilaku untuk mengkonsumsi makanan gizi seimbang dengan berprinsip pada empat pilar yaitu keanekaragaman makanan, perilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan normal masih rendah. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat di kelurahan Pondok Jagung. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan penyuluhan mengenai gizi seimbang dan pelatihan mengenai pengolahan makanan sehat dengan gizi seimbang. Mitra dalam kegiatan ini adalah ibu-ibu rumah tangga dapat memperoleh pengetahuan, pemahaman dan penerapan gizi seimbang dalam konsumsi makanan sehari-hari. Sebelum penyuluhan dan pelatihan mengenai gizi seimbang, dilakukan pre-test untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat mengenai gizi seimbang. Kemudian dilakukan penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai gizi seimbang. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga di sekitar kelurahan Pondok Jagung mengetahui dan memahami mengenai gizi seimbang dalam konsumsi makanan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Depkes, Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). 2013.

Depkes, Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). 2018.

In’Am, Miftahul. Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Dengan Status Gizi Anak Di Bawah 5 Tahun Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Nusukan Surakarta. 2016.

Ipriyona Tri Noli. Hubungan Kebiasaan Makan Dengan Status Gizi Anak SD Kelas VI di Tiga SD Swasta di Kota Palembang. Skripsi Sarjana. Jurusan Pendidikan Dokter Umum. Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. 2011.

Kondracki NL, Wellman NS, Amundson DR. Content Analysis: Review of Methods and Their Applications in Nutrition Education. J Nutr Educ Behav. 2002.

Maulana, LAM. Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Terhadap Status Gizi Siswa SD Inpres 2 Pannamu. Makasar: Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Keseahtan Masyarakat Universitas Hasanudin Makassar. Jurnal Kesmas, Vol 2, No 3. 21-24. 2012.

Salim, Andi. Gambaran Perilaku Gizi Seimbang Terhadap Status Gizi Remaja Di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Mamuju. Skripsi. Politeknik Kesehatan Kemenkes Mamuju. 2012.

Supariasa I Dewa Nyoman, Bachyar Bakri, Ibnu Fajar. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC. 2002.

Sujarweni,VW.Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka baru press. 2014.

World Health Organization. Diet, Nutrition and the Prevention of Chronic Diseases. WHO Publication; 2003

Yu T-C, Wilson NC, Singh PP, Lemanu DP, Hawken SJ, Hill AG. Medical Students-as-teachers: A Systematic Review of Peer-assisted Teaching During Medical School. Adv Med Educ Pract. 2011.

Yudi, H. Hubungan Faktor Sosial Budaya Dengan Status Gizi Anak Usia 6-24 Bulan di Kecamatan Medan Area Kota Medan tahun 2008. Universitas Sumatera Utara. 2008. Tesis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ