PEMBINAAN PELAKU USAHA KREATIF DAN PENGRAJIN KECAMATAN CIPUTAT TIMUR TANGERANG SELATAN

Diana Diana, Sunarti Sunarti

Abstract


Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk agar para akademisi dapat turut serta membantu peran pemerintah dalam pengembangan pembinaan pelaku usaha ekonomi kreatif dan pengrajin. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data yaitu survei, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ekonomi kreatif di wilayah Kota Tangerang Selatan sudah berjalan tetapi masih belum optimal. Peran pemerintah dalam mendukung pelaku ekonomi kreatif di wilayah Kota Tangerang Selatan kini sebagai fasilitator, yakni membantu perizinan dan pengembangan kemampuan manajemen kewirausahaan dan memberikan pembinaan kepada para pelaku usaha ditiap kelurahan di Kecamatan Ciputat Timur.  Pembinaan yang diberikan  adalah pembekalan motivasi kewirausahaan baik bagi para pengusaha pemula maupun yang sudah berjalan, pembinaan  tentang manajemen kewirausahaan yang baik dan strategi pemasaran. Dari pengabdian masyarakat ini yang masih harus dilakukan berkelanjutan bukan hanya pembinaan saja, namun pelatihan langsung bagi para pelaku ekonomi kreatif yang ada diwilayah Kelurahan Ciputat Timur. Mengingat banyaknya para ekonomi kreatif yang ada.

 


Full Text:

PDF

References


Agustina, Tri Siwi. 2015. Kewirausahaan: Teori dan Penerapan pada Wirausaha dan UKM di di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

I. Melay et al. (2017), Green entrepreneurship in SMEs: a configuration approach, Inderscience Enterprises Ltd, Liechtenstein

Kasmir (2016), Kewirausahaan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kodrat, David S., & Christina, Wina (2015), ENTREPRENEURSHIP sebuah ilmu, Erlangga, Jakarta.

Kowandi, Otniel (2017), Cyber Preneur, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Gitosudarmo, Indrianyo, 2000 – Manajemen Pemasaran, Yogyakarta : BPFE Siagian, 2008, Manajemen Stratejik.

Atep dan Afia Hidayat. (2015). Potensi Kota Tangerang Selatan (Tangsel). melalui: http://www.kompasiana.com/atep_afia/potensi-kota-tangerang-selatantangsel_55004db7a33311376f510a4c. pada tanggal 10 Februari 2016.

Mandra dan M. Sandy. (2015). Ekonomi Kreatif: Rencana Pengembangan Kuliner Kuliner Nasional 2015-2019. Jakarta : PT Republik Solusi

Profil Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan

Reni dan Nova. (2015). Peran Pemerintah Dan Akademisi Dalam Memajukan Industri Kreatif Kasus Pada UKM Kerajinan Sulaman Di Kota Pariaman..

Surat Edaran Walikota Tangerang selatan Nomor 5301284-Disindog tentang Pemberdayaan Industri Kecil dan Industri Menegah.

Kasali. (2017). Tomorrow is today, inilah Inovasi distruptif perusahaan Indonesia dalammenghadapi lawan-lawan tak kelihatan, Rumah Perubahan dan Mizan. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ