SISTEM INFORMASI PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIK ANAK USIA DINI

Rohita Rohita, Dody Haryadi, Nila Fitria, Radhiya Bustan

Abstract


Pendidik merupakan salah satu profesi yang harus menguasai 4 kompetensi, dimana 2 diantaranya adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi professional. Penguasaan kompetensi pedagogik diantaranya ditandai dengan kemampuan menyusun perencanaan pembelajaran, sementara penguasaan kompetensi professional diantaranya ditandai dengan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi. Penguasaan kedua kompetensi pendidik tersebut dapat menjadi indikator kualitas pendidik yang bersangkutan. Di era revolusi industry 4.0, tuntutan kepada pendidik juga semakin tinggi. Sementara, permasalahan yang dihadapi pendidik tidak dapat dikatakan sedikit, diantaranya permasalahan dalam menyusun perencanaan pembelajaran serta permasalahan dalam penggunaan teknologi informasi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dilaksanakan sebuah kegiatan pengabdian masyarakat dengan menerapkan system informasi perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidik anak usia dini. Kegiatan dilakukan dengan metode presentasi, pelatihan, serta pendampingan dalam waktu dua hari. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa  kualitas pendidik anak usia dini dapat ditingkatkan melalui penggunaan system informasi perangkat pembelajaran terutama dalam penyusunan perencanaan pembelajaran yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM) dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) sebagai salah satu indikator kompetensi pedagogik, dan peningkatan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai salah satu indicator kompetensi professional.


Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 146 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen.

________. (2015). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta

Bona, Maria Fatima, dkk. (2018). 3 Kriteria Guru Profesional untuk Pembelajaran Abad 21.

https://www.beritasatu.com/nasional/524663/3-kriteria-guru-profesional-untuk-pembelajaran-abad-21. diakses Minggu, 15 September 2019 pkl 10.21 wib.

Rosenberg, Marc. J. (2001). E-Learning : Strategies For DeliveringKnowledge In The Digital Age. USA: McGraw - Hill Companies.

Parsaorantua, dkk. (2017). Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Tentang Web E-Government Di Kominfo Kota Manado). e-journal “Acta Diurna” Volume VI. No. 3. Tahun 2017.

Rohita, Nila Fitria, Dody Haryadi. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Penyusunan Perencanaan Pembelajaran (Ap3) Dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Bagi Guru Taman Kanak-Kanak Di Jakarta. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Volume 24 No. 2, April - Juni 2018 p-ISSN: 0852-2715 | e-ISSN: 2502-7220. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/10168

Sujoko. (2013). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Geger Madiun. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Volume 1, Nomor 1, Januari 2013, 71-77. ISSN:2337-7623. EISSN: 2337-7615


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ