PENGENALAN RUMAH TRADISIONAL MELALUI PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK

Authors

  • Anisa Anisa Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Finta Lissimia Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Anggana Fitri Satwikasari Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ratna Dewi Nur’aini Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini termasuk dalam tema besar Architecture For Kids yang dilaksanakan Prodi Arsitektur tahun 2019. Ada 2 subtema yaitu Kognisi Spasial, dan Pengenalan Rumah Tradisional. Pengenalan rumah tradisional dilakukan melalui beberapa permainan, salah satunya adalah puzzle. Media permainan disesuaikan dengan usia yang menjadi sasaran pengabdian masyarakat, yaitu usia SD kelas 1-3. Pengenalan rumah tradisional sejalan dengan pelajaran tematik SD yaitu mengenali budaya Indonesia. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode diskusi kelompok dalam penyusunan puzzle sampai menjadi gambar rumah tradisional. Selain itu, metode diskusi juga diterapkan untuk menjelaskan asal daerah rumah tradisional tersebut beserta arsitekturnya. Setelah menyusun puzzle dan mendapatkan penjelasan melalui diskusi, anak-anak dapat lebih memahami dan mengenali rumah tradisional daripada hanya dengan melihat gambar 2D.

References

Munfarijah, I. (2018, September 30). Retrieved September 23, 2019, from http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20180930123905/Manfaat-Bermain-Puzzle-untuk-Anak

name, n. (2017, Desember 21). Retrieved September 23, 2019, from http://www.schoolpouringrights.com/unik/puzzle-permainan-sederhana-namun-memiliki-banyak-manfaat/

name, n. (tanpa tahun). Retrieved September 23, 2019, from https://www.ayahbunda.co.id/balita-psikologi/susun-puzzle-latih-kecerdasan-visual

Revina. (tanpa tahun). Retrieved September 10, 2019, from https://bidanku.com/manfaat-bermain-puzzle-untuk-anak

Sumarsono, B. (tanpa tahun). Retrieved September 15, 2019, from https://www.halopsikolog.com/manfaat-dan-contoh-game-puzzle-untuk-anak/

Downloads

Published

2019-12-07