PELATIHAN SOFTSKILL PERSONAL BRANDING FOR JOB SEEKER DI JURUSAN TEKNIK KIMIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Authors

  • Muhamad Engkos Kosim Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rini Siskayanti Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Risqi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Haryadi Wibowo Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Sulitnya mencari pekerjaan merupakan masalah umum yang dihadapi oleh lulusan mahasiswa pencari kerja. Ketatnya persaingan diantara jutaan bahkan ribuan pencari kerja juga mewajibkan harus lebih kreatif dan berkompeten agar dapat bersaing untuk memperoleh pekerjaan. Banyak pencari kerja khususnya fresh graduated yang masih bingung ingin bekarir di bidang apa sehingga banyak dari mereka yang asal melamar padahal tidak memiliki keahlian atau passion di bidang yang bersangkutan bahkan tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan. Tujuan Pengabdian masyarakat di Jurusan teknik Kimia ini bertujuan mempersiapkan pribadi mahasiswa yang handal, Mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi interview oleh pihak Perusahaan dan mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja/industri. Metode pelatihan yang digunakan adalah presentasi materi dan Tanya jawab. Dari kegiatan pelatihan Personal Branding  ini didapatkan kesimpulan : Pentingnya Personal Branding untuk mencapai kesuksesan, hard skill dapat diperoleh dari kemapuan akademik di bidang pendidikan, namun soft skill sangat mendominasi faktor kesuksesan dan communication skill terdiri dari komunikasi lisan dan komunikasi tulisan.

References

Angrianto, C. (2012). Personal Barnding dan Entrepreneurship. Media Mahardika, 11(1), 31-38.

Danardono. (2005) Powerful strategy for job search (Cara jitu melamar kerja dan meningkatkan karier). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hariwijaya & Djaelani, B.M. (2004). Kiat sukses mencari pekerjaan & memulai karir. Yogyakarta: Tugu Publisher.

Mardianto, A. (2014). Management Recruitmen, Jakarta: Pinasthika Publisher.

McNally, D., & Speak, K. D. (2012). Be Your Own Brand. San Fransisco: Berret Koehler Publisher.

O’Brien, T. (2007). The Power of Branding. Los Angeles: Mendham Publishing.

Rangkuti, F. (2002). Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Waldman, J. (2013). Job searching withsocial media for dummies (2nd ed.). Indiana:Wiley Publishing, Inc.

Downloads

Published

2019-12-07