PENGELOLAAN PEMANFAATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI UNTUK AKTIVITAS WARGA KELURAHAN SAWAH BARU, TANGERANG SELATAN

Johannes Hamonangan Siregar, Chaerul Anwar, Marcello Singadji

Abstract


Dengan bertambah banyaknya fungsi aplikasi sistem informasi yang ada pada gawai, pengguna akan membutuhkan pengetahuan dan keterampilan  untuk dapat mengelola dan memanfaatkan aplikasi tersebut sesuai kebutuhannya. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola dan memanfaatkan aplikasi sistem informasi pada warga Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif untuk mengukur ketercapaian adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan aplikasi. Pengumpulan data dilakukan pada saat pelaksanaan pelatihan yang dilakukan dalam 3 tahap yaitu tahap pemahaman dasar, tahap pengelolaan dan tahap pembimbingan. Hasil yang didapat setelah melaksanakan pelatihan pada aspek pengetahuan, seluruh peserta mengalami peningkatan pengetahuan. Hasil pada aspek keterampilan, seluruh peserta dapat menggunakan aplikasi dengan benar dan tepat. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan dapat terjadi jika dilakukan pelatihan yang terarah dalam sebuah program yang berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2019). Penetrasi Internet Indonesia 2018, Buletin APJII Edisi 40 – Mei 2019, 1.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2018). Statistik Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang Selatan Tahun 2018. Tangerang Selatan: BPS Tangerang Selatan.

Bora M. A. (2017). Analisa Kepuasan Penggunaan E-Learning Cloud Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam. Jurnal Industri Kreatif , 1(1), 55-62.

Kuncoro A.P., Tarwoto, Basten, G.A.(2018). Penerapan, Pelatihan dan Pendam-pingan Pemanfaatan Sistem Layanan Aduan Masyarakat di Tingkat Kelu- rahan Berbasis Cloud Application di Kelurahan Somagede. Altruis, 1(2),11-16.

Majalah ICT. (2019). Infrastruktur Digital Dukung Percepatan Indonesia Masuki Industri 4.0. Retrieved September 17, 2019 from Majalah ICT website: https://www.majalahict.com/infrastruktur-digital-dukung-percepatan-indonesia-masuki-industri-4-0/

McCusker, K., & Gunaydin, S. (2014). Research using qualitative, quantitative or mixed methods and choice based on the research. Perfusion, 30(7), 537–542.

Novalia, M., Ismanto E., Vitriani, Darni, R., Alrian, R. (2018). Google Apps For Education (GAFE) Demi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Era Digital dI SMK Dar-El Hikmah Pekanbaru, Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(2), 7-11.

Sholihah, U. (2018). Teknik Peer-Review Melalui Google Docs: Alternatif Piranti Kolaborasi Dalam Menulis. Widya Wacana, 13(2), 61-68.

Sopiah, O & Wariah, U. (2018). Model Pengembangan Aplikasi Data Survey Mawas Diri pada Kegiatan Desa Siaga Di Kabupaten Karawang. Health Science Growth Journal, 3(2), 57-71.

Teknopreuner. (2017). Laporan Riset Digital Inclusion Indonesia Digital Inclusion Indeks Indonesia 2017, Teknopreneur Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ