MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN SAINS BAGI GURU-GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI HIMPAUDI CAKUNG JAKARTA TIMUR

Susanty Susanty, Sri Anastasia Yudistirani, Nurul Hidayati Fithriyah, Adiwarna Adiwarna

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan yang diselenggarakan sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak. Oleh  itu guru PAUD perlu diberikan pelatihan tentang model pembelajaran sains untuk anak usia dini tujuannya untuk memfasilitasi para pendidik agar mampu menerapkan sistem pendidikan yang tepat bagi siswa didik khususnya di sentra sains. Berdasarkan pengamatan dan survey terhadap guru-guru PAUD di Himpaudi Cakung, Jakarta Timur, menunjukkan bahwa penyelenggaraan sentra sains belum mengacu  pada tahap tumbuh kembang anak dikarenakan belum memiliki sarana dan fasilitas yang mendukung pembelajaran sains, seperti alat peraga, modul dan poster sains. Hasil pre-test peserta dari ke-37 guru-guru PAUD yang tergabung dalam Himpaudi Cakung menunjukkan bahwa  hanya 4 orang dari 37 orang peserta atau sekitar 11 % dari total peserta yang memahami model dan metode pembelajaran sains pada PAUD. Sehingga berdasarkan analisis kebutuhan inilah diadakan alat peraga, penyediaan modul, dan poster-poster sains yang sudah dirancang kesesuaiannya bagi peserta didik yang masih berusia dini. Setelah dilakukan evaluasi berupa post-test terjadi peningkatan pemahaman sebesar 70 %, yakni sebanyak 30 orang peserta menjadi paham mengenai model dan metode pembelajaran sains pada PAUD.


Full Text:

PDF

References


Amalia, L. (2017). Model Pembelajaran High (Scope) dalam Pelaksanaan PAUD. As Sibyan, Vol. 2, No. 2, Hlm. 117-124.

Faryadi, Q. (2017). The Application of Montessori Method in Learning Mathematics: An Experimental Research. Open Access Library Journal, Volume 4, e4140, 1-14.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, Volume 3, Nomor 1, 27-38.

New, R. S. (2009) Reggio Emilia As Cultural Activity Theory in Practice. Theory into Practice, 46(1), 5–13.

PAUD Jateng. (2019). Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 PAUD (TK, KB, TPA, SPS). Diakses 17 September 2019 pada https://www.paud.id/2015/05/kompetensi-dasar-kurikulum-2013-paud-tk-kb.html.

Scheinhart, L. J., & Weikart, D. P. (1997). Lifetime differences: The High/Scope Preschoo model comparison Study through age 30. Ypsilanti, MI:High/Scope Press.

Schweinhart, L. J., Montie, J., Xiang, Z., Barnett, W, S., Belfield, C, R., & Nores, M. (2005). Lifetime effect: The High/Scope Perry Preschoo; Study through age 40. Ypsilanti, MI:High/Scope Press.

Susilahati, Gustia, H., dan Sahrul, M. (2017). Application of Scaffolding Playing in Early Childhood Education in the South Tangerang. Prosiding The 1st International Conference on Social Sciences. 561.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ