SOSIALISASI PENYULUHAN STOP BULLYING DI SD NEGERI 02 LENGKONG WETAN SERPONG KOTA TANGERANG SELATAN

Djakit Prihartono, Sintia Hastuti

Abstract


Pencegahan stop bullying di sekolah dapat dilakukan antara lain dengan cara menggiatkan pengawasan dan pemberian sanksi secara tepat kepada pelaku. Cara lain dengan melakukan penyuluhan melalui berbagai cara, salah satu cara yaitu dengan memasukkan materi bullying ke dalam pembelajaran yang akan berdampak positif bagi pengembangan pribadi para murid. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran peran sekolah dalam pencegahan tindakan kekerasan bullying di SD Negeri 02 Lengkong Wetan. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Partisipan penelitian adalah komunitas sekolah yang terdiri dari kepala sekolah dan guru. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah partisipan 120 orang. Hasil penelitian didapatkan bahwa pencegahan kejadian bullying telah dilakukan dengan berbagai program seperti pengawasan, penyuluhan dan pendidikan karakter yang selama ini telah terbukti efektif. Sekolah memberikan respon yang baik dalam upaya pencegahan stop bullying di sekolah dengan memberikan pendampingan jika ada korban dan melalukan pembinaan terhadap pelaku bullying serta melakukan evaluasi program untuk dilakukan perbaikan-perbaikan. Berdasarkan hasil tersebut maka sekolah dapat terus menerapkan pengawasan bahkan jika diperlukan dilakukan pemasangan CCTV di setiap sudut sekolah untuk memberikan pengawasan yang ketat kepada setiap perilaku siswa. Sekolah juga diharapkan dapat mengembangkan program pencegahan bullying dengan membuat peraturan secara tertulis.


Full Text:

PDF

References


Priyanto, Sugeng dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX Edisi 4. Jakarta: Pusat PerbukuanDepartemen Pendidikan Nasional.

Gunawan, Ary H. 2000. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Moloeng, Lexy. (2012). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Arthinkle. (2013). Peran Orang Tua Dalam Mengatasi Bullying. http://www.arthinkle.com/articles/detail/peran-orang-tua-dalam-mengatasi-bullyi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ