FILM DOKUMENTER SEBAGAI MEDIA INSPIRASI DAN MOTIVASI PELAJAR SD BULAK 02 KELURAHAN KEDAUNG KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Efinda Gustin Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fadhil Indrawan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Tria Patrianti Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Potret siswa Sekolah Dasar di lingkungan RT 03/ RW 12 Kelurahan Kedaung, Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan, tidak begitu menggembirakan.  Sebagian besar dari mereka memiliki motivasi yang rendah dalam menimba ilmu di sekolah.  Kurangnya pemahaman tentang  materi yang diajarkan di sekolah serta tidak adanya inspirasi untuk menggali pengetahuan secara formal di sekolah, menjadikan mereka memiliki kualitas yang rendah dan tidak memiliki daya saing sebagai generasi penerus bangsa.  Disamping itu, dukungan orang tua untuk mengatur waktu belajar dan istirahat serta bermain, menjadi penghambat bagi mereka dalam meraih semangat untuk belajar dan bersekolah lebih baik.  Melalui pendekatan penyuluhan untuk memotivasi siswa belajar di SD BULAK 02 Kelurahan Kedaung, mahasiswa kelompok KKN UMJ yang ditempatkan di Kelurahan Kedaung berinisiatif untuk menggunakan media film dokumenter. Kegiatan ini bertujuan memberikan inspirasi dan memotivasi para pelajar SD tersebut agar lebih semangat untuk bersekolah, meningkatkan pemahaman tentang pentingnya ilmu pengetahuan untuk penghidupan yang lebih baik di masa depan.  Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan dengan mempresentasikan materi yang inspiratif melalui film dokumenter tentang dunia anak sekolah dasar. Sebagian besar siswa yang telah melihat konten film tersebut memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang pentingnya sekolah dan ilmu pengetahuan untuk bekal mereka di masa depan.

References

Pieget, Jean., King, Laura.A, Olson, Matthew (2010). Perkembangan Kognitif Teori Jean Pieget. Jurnal.ar.raniry.Ac.id

Data Kependudukan Kelurahan Kedaung (2019)

Rikarno, Riki. (2015). Film Dokumenter Sebagai Sumber Pelajar Siswa, Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni. ISSN: 1412–1662 Volume 17, Nomor1, 129-149

Downloads

Published

2019-12-07