PENANAMAN AKHLAK SEJAK DINI MELALUI PENAYANGAN FILM SEJARAH SAHABAT NABI DI TPA ISLAMIC CENTRE PONDOK PUCUNG

Hamli Syaifullah, Hilda Yani Nur Maspupah, Marlina Indri Alfina

Abstract


Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini secara khusus bekerjasama dengan TPA Islamic Centre Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren. Metode yang digunakan ialah metode studi kasus, yaitu dengan terlibat langsung mengajar peserta didik di TPA Islamic Centre Pondok Pucung, yang dilakukan kurang lebih 1 bulan. Dari kegiatan yang dilakukan, menyimpulkan dua hal, yaitu: 1). Penanaman akhlak kepada peserta didik harus dimulai semenjak dini, 2). Lembaga pendidikan dapat menggunakan media film untuk mengajarkan akhlak kepada setiap peserta didiknya.


Full Text:

PDF

References


Afnanda, Mihrab. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Media Film Animasi Upin dan Ipin dan Media Guru Terhadap Penguatan Perilaku Moral di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Iqdamul Ulum Martapura. (Unpublished master’s thesis) UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia.

Al Mandari, Syafinuddin (2004). Rumahku Sekolahku: Panduan Islami untuk Mencerdaskan Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jakarta: Pustaka Zahra.

Arbani, Wahid. (2019). Akhlak Education According to Ibnu Miskawaih: Education Epistemology Perspective. Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education, 4 (1), 21-40.

Azra, Azyumardi. (2003). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milinium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu Pengetahuan.

Darmadi, Hamid. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. AmImage.

Deviyanti, Dea. (2013). “Studi Tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan di Kelurahan Karang Jati Kecamatan Balikpapan Tengah.” Jurnal Administrasi Negara. 1 (2). 380-394.

Dewi, Made Heny Urmila; Fandeli, Chafid; Baiquni, M. (2013). “Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali.” Kawistara: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora. 3 (2). 129-139.

Hamdi, Asep Saepul. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikatif Dalam Pendidikan. Yogjakarta: Penerbit Deepublish.

Hajar, Siti., dkk. (2018). Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat Pesisir. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.

Herdiansyah, Haris. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Ichsan. (2019). Pendidikan Nilai Kejujuran Berbasis Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14 (1), 49-70.

Iqbal, Muhammad., Najmuddin. (2018). Model Pendidikan Akhlaq Santri di Pesantren dalam Meningkatkan Akhlaq Siswa Di Kabupaten Bireuen. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (1), 89-116.

Isjoni. (2006). Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Jannah, Nurul. (2019). Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Media Film: Studi Multikasus Film Upin Ipin dan Film Dodo Syamil di MI An-Najah I Karduluk Pragaan Sumenep. (Unpublished master’s thesis) UIN Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia.

Kadir, Abdul, dkk. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana.

Keputusan Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, No. 328, tahun 2019, Tentang Peserta dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta Tahun 2009.

Koesoema A, Doni. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo

Khairunnisa, Ratna. (2017). “Peran Tayangan Adit Sopo Jarwo (ASJ) Terhadap Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar di SDN 023 Sempaja Samarinda.” Jurnal Abdimas Mahakam, 1 (1), 43-54.

Lubis, H. M Ridwan. (2017). Agama dan Perdamaian: Landasan, Tujuan, dan Realitas Kehidupan Beragama di Indonesia. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Maulana, M. Iqbal. (2018). “Spritualitas dan Gender: Sufi-Sufi Perempuan.” Living Islam. 1 (2). 359-378.

Nata, Abudin., Sofyan, Ahmad. (2014). Pengembangan Desain Model Pembelajaran PAI Berbasis Karakter Mulia yang Holistik, Humanis, Emansipatoris, dan Efektif. Tarbiya: Jurnal of Education of Muslim Society, 1 (1), 35-50.

Neolaka, Amos., Neolaka, Grace Amialia A. (2017). Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Jakarta: Penerbit Kencana.

Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Kencana.

Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Raharjana, Destha Titi. (2012). “Membangun Pariwisata Bersama Rakyat: Kajian Partisipasi Lokal dalam Membangun Desa Wisata Dieng Plateu.” Kawistara: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora. 2 (3). 225-237.

Rosyida, Isma; Nasdian, Fredian Tonny. (2011). “Partisipasi Masyarakat dan Stakeholder dalam Penyelenggaraann Program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Dampaknya Terhadap Komunitas Perdesaan.” Sodality: Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia. 5 (1). 51-70.

Sagala, Syaiful. (2017). Human Capital: Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas. Jakarta: Penerbit Kencana.

Siswosoemarto, Rubijanto. (2012). Intelejen Ekonomi, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Sodiq, Akhmad. (2018). Prophetic Character Building: Tema Pokok Pendidikan Akhlak Menurut Al-Ghazali. Jakarta: Penerbit Kencana.

Suroso, Hadi; Hakim, Abdul; Noor, Irwan. (2014). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan di Desa Banjaran Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik.” Wacana: Jurnal Sosial dan Humaniora. 17 (1). 7-15.

Thalib, Syamsul Bachri. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Penerbit Kencana.

Tim Pusat Studi Pancasila UGM. (2015). Membangun Kedaulatan Bangsa Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila: Masyarakat Dalam Kawasan Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T). Yogyakarta: Pusat Studi Pancasila UGM.

Triyono, Urip. (2019). Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan: Formal, Non-Formal, dan Informal. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Wardiyanto, Bintoro., Aminah, Siti., ed. (2016). Percikan Pemikiran Tata Kelola dan Pembangunan Desa. Surabaya: Airlangga University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ