PENGELOLAAN SISTEM PEMBUKUAN PROSES BISNIS UNIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KOTA SEMARANG BERBASISKAN WEBSITE

Aria Hendrawan, Titis Handayani, Nurtriana Hidayati

Abstract


Penggunaan sistem online untuk pengelolaan proses bisnis bagi dunia industri sangat dibutuhkan karena jumlah transaksi perbankan saat ini dalam sehari dapat mencapai ratusan bahkan ribuan transaksi. Sistem Pembukuan berbasiskan website yang bersifat sumber terbuka saat ini sudah banyak diciptakan yang memiliki tujuan membantu pelaku unit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mendapatkan laporan bisnis yang efisien, cepat, dan akurat.  Masalah yang timbul adalah pelaku usaha UMKM ini belum terbiasa menggunakan sistem pembukuan berbasiskan website sehingga membuat kinerja pelaku unit usaha UMKM ini menjadi kurang baik. Oleh karenanya, diperlukan waktu dan tempat dalam meningkatkan kemampuan pelaku usaha UMKM di Kota Semarang dalam penggunaan sistem pembukuan berbasiskan website untuk mengelola laporan bisnisnya. Tujuan dari pengelolaan sistem pembukuan ini adalah sistem tersebut dapat meningkatkan kinerja bisnis dari pelaku unit usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) khususnya di Kota Semarang. Peningkatan kemampuan pelaku usaha UMKM ini akan diakomodasi melalui program Pengabdian kepada Masyarakat menggunakan metode praktek. Pelaku UMKM di Kota Semarang ini sebagai peserta pelatihan telah mendapatkan pelatihan peningkatan keterampilan dalam menggunakan sistem pembukuan online. Hasil dari pelatihan ini peserta telah mengetahui manfaat dari sistem dan dapat menggunakan fitur untuk melihat laporan bisnisnya. Peserta pelatihan dapat memanfaatkan sistem pembukuan online untuk mendapatkan data invoice sehingga mendapatkan laporan laba rugi UMKM secara cepat dan efisien.


Full Text:

PDF

References


Andriyani, O., Cangara, H., & Sadjad, R. S. (2014). Penggunaan Teknologi Informasi Online Dalam Kecepatan Pelayanan dan Pengamanan pada Bank BCA Makassar (Sebuah Studi Komunikasi Organisasi). Jurnal Komunikasi KAREBA, Vol. 3, No. 1, 58.

Damana, A. W. A. & Suardikha, I. M. S. (2016). Pengaruh Keterlibatan Pemakai, Pelatihan, Ukuran Organisasi, dan Keahlian Pemakai Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol 14, No. 2, 1452.

Kurniawati, L., Akbar, R. O., & Misri, M. A. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kristis Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Jurnal EduMa Vol. 4, No. 2. 62.

Setyaningsih, E. D. & Marwansyah, S. (2017). Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan CAR, NPL, ROE, ROA, NIM, BOPO, dan LDR pada Bank Syariah dan Konvensional. Account (Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Perbankan), Vol. 4, No. 2, 641.

Sulasni, T., Kridalaksana, A. H., & Arifin, Z. (2014). Sistem Informasi Pengelolaan Koperasi Karyawan PT. XYZ Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic. Jurnal Informatika Mulawarman, Vol. 9, No. 3, 1.

Susanti, N. (2014). Sistem Informasi Simpan Pinjam Badan Keswadayaan Masyarakat Studi Kasus BKM Sarana Makmur. Jurnal SIMETRIS, Vo l. 5, No. 1, 41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ