PELATIHAN VISUAL ART UNTUK STIMULUS KREATIVITAS ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR DI RANGKAPAN JAYA BARU PANCORAN MAS KOTA DEPOK

Happy Indira Dewi, Zulfitria Zulfitria

Abstract


Anak-anak Sekolah Dasar ketika mendapatkan tugas pekerjaan rumah untuk mata pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan, nilai dari hasil karya selalu di atas rata-rata. Namun orisinalitas karya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Karena sebagian besar karya menurut pengakuan orang tua, adalah hasil karya orang tua. Padahal salah satu ciri dari hasil karya anak dikatakan kreatif jika memenuhi indikator kreativitas, yaitu adalah orisinalitas, selain fleksibilitas, elaborasi, dan kelancaran. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tim abdimas bertekat membantu para guru untuk mengadakan pelatihan berkarya visual art, untuk menghasilkan karya secara kreatif, dengan menerapkan prinsip-prinsip kreativitas. Obyek pengabdian masyarakat adalah  anak –anak tepatnya kelas 4 sekolah dasar. Lokasi pengabdian masyarakat dilakukan di SDN Parung Bingung 1 dan 2 di  Rangkapan Jaya Baru Pancoran Mas Kota Depok. Metode yang digunakan adalah pertama, pengarahan tentang visual art, pelaksaan pelatihan visual art secar bebas, presentasi karya, dan pameran hasil karya. Hasil dari pengabdian masyarakt ini adalah anak menghasilkan karya yang dikerjakan sendiri secara orisinalitas, anak lancar mengerjakan karena tidak ada interfensi dalam berkarya, anak fleksibel dalam berkarya dengan bebas menggunakan berbagai alat dan strategi untuk membuat karya, anak dapat mengelaborasi idenya secara bebas. Kesimpulannya berkreasi dan mengerjakan kegiatan visual art di dalam kelas dengan bebas, dapat menghasilkan karya yang sangat kreatif.


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003: Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, Happy Indira dan Zulfitria. 2018. Laporan Pengabdian Masyarakat Pelatihan Visual Art Untuk Stimulus Kreativitas Anak-Anak SDN Parung Bingung 1 & 2 di Rangkapan Jaya Baru Pancoran Mas Kota Depok FIP-UMJ. Jakarta.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/17/di-tingkat-global-kreativitas-indonesia-termasuk-paling-rendah

Hanifa, Fanni Husnul. 2013. Model Pengembangan Pelukis Mandiri Dengan Pengembangan Industri Kreatif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat . Vol 3, No 1.

Ibrahim, Bafadal. 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Masunah, Juju. 2010. Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Seni Budaya Berbasis Potensi Lokal Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal ABMAS UPI, Tahun 10 Nomor 10 Oktober 2010

Purnengsih. Iss, M. Sjafei Andrijanto, Ida Rosida. 2018. Menggugah Kreativitas Seni Ibu-Ibu PKK Melalui Seni Lukis Pada Jilbab Dalam Rangka Pelestarian Seni. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 01 No. 03, September-Desember 2018 p-ISSN 2614-574X, e-ISSN 2615-4749 hal. 244-250

Sumanto. 2006. Pengembangan Kreativitas Senirupa anak SD. Jakarta: Lembaga Pendidikan tenaga Kependidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ