PERAN RUMAH BACA ”CEGER MEMBACA” DALAM MINAT BACA DI DESA CEGER, JURANG MANGU BARAT

Akbar Maulana, Annisa Ratna S, Dicky Dienussalam, Fithriyyah Nurhastuty Rahakbauw, Gilang Haryadi, Leni Nurmaulidianti, Misna Ladopura, Muh Al-Hadad Winata, Muaffaq Athif Rochman, Putri Lestari, Sindy Ayu M.S, Syafri Fadlurrahman

Abstract


Kebiasaan merupakan hal yang dilakukan berulang-ulang, tanpa adanya paksaaan. Hal ini dapat dilakukan secara periodik. Kebiasaan membaca merupakan proses menuju kehidupan manusia yang mulia. Kegiatan ini berhubungan dengan minat baca dan meluasnya keberadaan Taman Bacaan yang tersebar di berbagai daerah. Kegiatan ini bertujuan untuk menimbulkan kesadaran membaca anak-anak maupun masyarakat di wilayah Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren serta mempengaruhi kebiasaan membaca dan mengetahui pengaruh minat baca terhadap kebiasaan membaca serta mengetahui persepsi tentang taman bacaan dan minat secara bersama-sama terhadap kebiasaan membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peran yang timbul karena adanya Taman Baca “Ceger Baca” di Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren.


Full Text:

PDF

References


Jurnal “Pembinaan Minat Baca MasyarakatMelalui Pembangunan Taman Bacaan Masyarakat Desa Kemasan Klepu, Semarang, Jawa Tengah” oleh Muhammad Azmi Ali Sani1, Sri Ati Suwanto2. (http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva)

Jurnal Research and Development Journal Of Education Vol. 1 No. Pada Taman Bacaan Masyarakat Manca Pekayon Bekasi Selatan” oleh Sigit Widiyarto.

Jurnal “Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sumber Belajar” oleh Bintang Petrus Sitepu.

Jurnal Vol.5/No.1, Juni 2017, hlm. 1-12 “Peran Taman Baca Anak-Anak pada Usia Disi” oleh Encang Saepudin1, Sukaesih2, Agus Rusmana3.

Jurnal JNE 3 (2) (2017) 132 – 139, Journal of Nonformal Education “Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat dalam Kemajuan Literasi pada Pondok Maos Guyub Kendal” oleh Isti Indriyani, Tri joko Raharjo, Ilyas. (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne)

Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol. 13, No. 2, Desember 2017, Hal. 217-226, “Analisis Pemanfaatan Rumah Baca Apung oleh Masyarakat di Desa Tambak Lorok” oleh Rizki Nurislaminingsih Roro Isyawati Permata Ganggi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ