BRANDING PRODUK KERAJINAN LIMBAH PLASTIK KEMASAN INDUSTRI RUMAHAN DI KELURAHAN CEMPAKA PUTIH CIPUTAT

Authors

  • Nani Nurani Muksin Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • M. Roykhan Ari Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Amelia Dwi Harnum Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Iqbal Irfan Nanda Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • M. Rivaldi Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Kegiatan Pelatihan Sosial Branding dalam Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk Kerajinan Tangan Bernilai Ekonomis ini merupakan program yang dapat memberikan edukasi bagi pemberdayaan masyarakat. Bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait cara membuat nama dan logo pada produk yang dihasilkan, dan cara mempromosikan atau memasarkan produk yang dihasilkan secara luas melalui media sosial. Serta pemanfaatan limbah plastik menjadi produk yang bernilai jual tinggi.  Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan dengan mempresentasikan materi pelatihan dan praktik terhadap proses cara membuat loga dan cara memasarkan produk. Partisipasi ibu PKK terhadap kegiatan pelatihan sosial branding, diharapkan mampu memanfaatkan plastik dari kemasan detergen, sabun, pewangi pakaian dan kopi menjadi tas, topi dan tiker dengan harga jual yang tinggi. Selain itu juga memahami cara memberikan nama suatu produk serta mengerti cara pemasaran produk melalui sosial media.

References

Moriansyah, La. (2015). Pemasaran melalui media sosial: antecedents dan consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 19 No.3, Desember 2015: 187-196. Retrived from

Nastain, Muhamad. (2017). Branding dan eksistensi produk (kajian teoritik konsep branding dan tantangan eksistensi produk). Channel , Vol. 5, No. 1, April 2017, hal. 14-26 ISSN: 23389176. Retrived from

Watie, Setya Dwi Errika. (2011). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). The messenger, volume iii, nomor 1.

Downloads

Published

2019-12-07