Pendampingan Kewirausahaan Pada Ukm Binaan Kopi Hallu Kedaung, Tangerang Selatan, Banten

Rifzaldi Nasri, Nur Aini Sunarti, Adi Mansah

Abstract


Pengabdian Masyarakat kali ini mengankat permasalahan yang dihadapi usaha kedai kopi yang bernama Kopi Hallu. Atas wawancara yang kami lakukan ada 2 masalah yang kurang disadari oleh pemilik Kopi Hallu dan umumnya .UMKM di Indonesia, yaitu pengurusan ijin usaha dan identitas usaha. Solusi yang kami tawarkan untuk mengatasi masalah itu adalah melakukan pendampingan serta penyuluhan tentang pentingnya pengurusan ijin tersebut, hal lainnya adalah membantu membuat identitas usaha yang terdiri dari Brand/ merk, Tagline/ Slogan, Logo dan Aset Digital. Hasil yang dicapai untuk pengurusan ijin usaha adalah pengurusan Surat Keterangan Domisili (SKD) dan Surat Ijin Gangguan, untuk tahapan lainnya sedang proses, sedangkan untuk pembuatan identitas usaha semua kegiatan sudah dilakukan mulai dari pembuatan Brand, Tagline, Logo dan Aset digital. Luaran yang sedang diproses adalah mengikutsertakan kegiatan ini di Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat UMJ (SEMNASKAT. UMJ)

 

Kata kunci :  Ijin Usaha, Identitas Usaha


Full Text:

PDF

References


Apriyanti, Rosy Nur, dkk. (2016). Kurma dari Gurun ke Tropis.Depok : PT. Trubus Swadaya

Hapsari, Ira Maya. (2014). Identifikasi Berbagai Permasalahan Yang Dihadapi Oleh Ukm dan Peninjauan Kembali Regulasi UKM Sebagai Langkah Awal Revitalisasi UKM. Jurnal PERMANA – Vol . V No. 2

Kementan Indonsia (2018), Konsumsi Kopi di Indonesia, 2016 – 2019,

Lin, C. C. (2010). Approach of improving coffee industry in taiwan promote quality of coffee bean by fermentation. J. International Management Studies. 5 (1): 154-159.

Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia No. 41/M-Ind/Per/6/2008

Pratiwi, Retno Rahmawati.,(2016). Hamabatan dan Strategi, Pengembangan Usaha Kopi dalam Upaya Peningkatan Produksi di Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung, eprint.undip

Siswoputranto. (2013). Kopi Internasional dan Indonesia. Kanisius.Yogyakarta

Solikatun, Drajat Tri Kartono, dan Argyo Demartoto. (2015). Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi: Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi di Kedai Kopi Kota Semarang. Jurnal Analisa Sosiologi, 4(1): 60-74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ