Pengembangan Media Belajar Menggunakan Software Camtasia Bagi Guru Lab School FIP-UMJ

Ahmad Suryadi, Hastri Rosiyanti, Muhammad Aspar

Abstract


Media pembelajaran adalah semua bentuk perantara yang digunakan orang untuk menyampaikan pesan, sehingga pesan sampai pada penerima pesan. Hadirnya media pembelajaran dapat membantu meningkatkan pemahaman pada siswa, salah satunya dengan memanfaatkan software Camtasia Studio. Camtasia studio merupakan software yang digunakan untuk membuat video, editing video dan video tutorial. Camtasia studio digunakan untuk mencapture tampilan layar monitor dengan ditambahkan audio dan video, serta dapat pula digunakan untuk merekam hasil presentasi power poin kedalam format video. Melalui Camtasia guru dapat menyampaikan serta berinteraksi dengan siswanya. Pada kondisi saat ini dimana virus Covid-19 merajarela, guru-guru harus berpikir cerdas memilih media pembelajaran untuk diajarkan ke siswanya. Camtasia studio dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi pembelajaran secara online. Luaran dalam pengabdian ini adalah produk media pembelajaran yang dihasilkan oleh peserta yaitu guru-guru tingkat SMP atau SMA, sehingga media yang dikembangkan oleh guru-guru dapat bermanfaat untuk siswanya di sekolah.

Kata Kunci: Camtasia Studio, Media Pembelajaran, Virus Covid-19

Full Text:

PDF

References


Asrori, I., & Ahsanuddin. (2012). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: CV. Bintang Sejahtera.

Aulia, N. W., & Aina, M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Camtasia Studio 8 Pada Pembelajaran Biolog Biologi Materi Kultur Jaringan Untuk SMA Kelas XI MIA. Pendidikan Biologi, 2(1), 20–26.

Ayodeji Akerele, J., & Afolabi, A. F. (2012). Effect of video on the teaching of library studies among undergraduates in Adeyemi college of education, Ondo. Library Philosophy and Practice, 2012(JAN).

Bell, L., & Bull, G. (2010). Digital Video and Teaching. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 10, 1–6. Retrieved from http://www.editlib.org/p/34120

Dariyadi, M. W. (2018). Penggunaan Software “Sparkol Videoscribe” Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Ict. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Enterprise, J. (2015). Membuat Video Tutorial Menggunakan Camtasia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Hanley, M. (2009). Capture that E-Learning Demo. Dublin: Michael Hanley Consulting.

Nuari, F., Ardi, H., & M.Hum. (2014). Using Camtasia Studio 8 To Produce Learning Video to Teach English Through E-Learning. Jelt, 3(September), 1–9.

Setyorini, E. S., Tiyaswati, I., Faradilla, L., Setyorini, E. S., Tiyaswati, I., Faradilla, L., … Sains, I. K. (2016). Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio 7. In Isu-Isu Kontemporer Sains, Lingkungan, dan Inovasi Pembelajarannya (pp. 946–952).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Indexed by:

Google Scholar

==============================================================================================================

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl.KH. Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Jakarta Selatan
Telp : 021 7424950
Fax : 021 7430756

E-ISSN: 2714-6286

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ